Info Prodi
Sabtu, 13 Apr 2024
  • 2 dari 8 Alasan Anak SMK & MAK Perlu Lanjut Kuliah di Prodi Teknik Elektro ITI: 1) Nggak perlu hebat dulu untuk bisa kuliah di sini, 2) Biaya kuliah bisa nyicil per bulan (bunga 0%).
21 Agustus 2023

Apa Itu Blynk untuk Smartphone (HP) Android?

Senin, 21 Agustus 2023 Kategori : e-Learning

Aplikasi Blynk untuk HP / smartphone Android, apakah itu? Baca dan tonton pembahasan tentang platform Blynk untuk HP Android dalam tulisan serta video e-learning ini, ya gaes…

Oya, tulisan ini merupakan kelanjutan dari tulisan pertama yang berjudul “Apa Itu Blynk IoT?” Dibuat oleh Andika Rahman Hakim mahasiswa Prodi Teknik Elektro Institut Teknologi Indonesia, juga video e-learning-nya yang menampilkan langsung Andika.

Langkah-langkah Meng-install Blynk untuk Smartphone Android

Sebelumnya kita sudah berkenalan dengan Blynk untuk website di tulisan sebelumnya. Pada part 2 ini kita akan menggunakan Blynk yang tersedia pada smartphone.

Blynk ini tersedia pada smartphone dengan operating system (OS) Android dan IOS. Pada tutorial ini kita akan menggunakan Blynk pada OS Android.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Silahkan dibuka Playstore dan searching untuk aplikasi Blynk. Nanti terdapat aplikasi bernama
    Blynk IoT.
  2. Silahkan di-install lalu tunggu hingga proses download dan install selesai.
  3. Setelah selesai di-install maka tinggal dibuka aplikasi Blynk.
  4. Kita diminta untuk masuk ke dalam akun. Jika belum punya akun silahkan sign up atau daftar, jika sudah punya silahkan log in.
  5. Setelah masuk akun, di sini kita dapat mengatur Device, Template, Dashboard dan lainnya yang
    berhubungan dengan perangkat IoT yang kita integrasikan.
  6. Kita buka developer mode untuk men-setting template yang sebelumnya kita telah buat.
  7. Kemudian tampilan developer modenya di sini kita bisa men-setting template yang dibuat. Sebelumnya kita sempat membuat template yang bernama ITI CAMP.

Selanjutnya agar lebih jelas, berikut ini adalah video penjelasan mengenai langkah-langkah meng-install Blynk untuk Smartphone (HP) Android di atas tadi yang disampaikan oleh Andika Rahman. Video ditayangkan di ITI Camp channel di Youtube berjudul “Internet of Things (IoT) #2 – BLYNK (Part 2)“:

Nah, gampang khan, gaes? Pada kesempatan berikutnya akan dilanjutkan pembahasan mengenai Blynk ini lebih jauh lagi dalam tulisan serta video e-learning, ya gaes.

Bersambung….

Sumber video:
ITI Camp channel di Youtube

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar