Info Prodi
Minggu, 14 Jul 2024
  • 2 dari 8 Alasan Anak SMK & MAK Perlu Lanjut Kuliah di Prodi Teknik Elektro ITI: 1) Nggak perlu hebat dulu untuk bisa kuliah di sini, 2) Biaya kuliah bisa nyicil per bulan (bunga 0%).

Kiat Sukses Kuliah

Apa saja kiat atau tips agar sukses kuliah di perguruan tinggi / universitas, khususnya di Prodi Teknik Elektro?

Jawab:

Kata Bruce Lee, “The possession of anything begins in the mind“. Artinya ilmu, kesuksesan dan kemampuan itu berawal dari pikiran.

Maka sebelum melangkah lebih jauh, benahi dulu mindset pikiran kita dengan benar. Yaitu kuliah adalah untuk mengembangkan dirimu hingga mencapai potensi terbaikmu dengan cara mencari ilmu, menambah kemampuan softskill dan hardskill, serta meningkatkan adab, sopan santun serta etika seiring dengan meningkatnya ilmu dan kemampuan kita.

Kuliah bukan untuk mencari nilai bagus namun dengan menghalalkan segala cara. Sehingga dengan bekal nilai Indeks Prestasi yang tinggi akan mudah mendapatkan pekerjaan. Bukan itu tujuannya, ya gaes.

Terus selain menata pikiran apa lagi yang dibutuhkan?

Jawab:

Selain itu, ubah cara belajar kalian, ya gaes. Kalo di SMA/SMK mungkin kamu lebih banyak disuruh dan dibimbing guru serta banyak bersikap pasif. Namun kuliah di Teknik Elektro perlu inisiatif dan sikap proaktif. Sebagai contoh, jangan menunggu dosenmu untuk mengajari kamu soal-soal di kelas pada setiap kuliah. Namun berlatihlah sendiri mengerjakan soal-soal yang ada di diktat atau buku lebih dulu.

Jika ada kesulitan dalam mengerjakan soal atau tugas dari dosen, jangan malu untuk bertanya kepada dosenmu dengan tetap menjaga sikap dan sopan santun yang baik. Dosen-dosen pasti akan dengan senang hati membantumu jika kamu merasa kesulitan.

Contoh lainnya lagi. Sering-seringlah membuka website Prodi ini atau membaca pengumuman yang banyak ditempel di papan-papan pengumuman di kampus. Ini supaya kamu lebih cepat mengenal kampusmu sendiri dan agar tidak kudet juga. Jangan hanya menunggu semua informasi mengenai program studi diberikan oleh dosenmu.

Terus selain mengubah cara belajar apa lagi yang perlu dilakukan?

Jawab:

Tentunya kembangkan hubungan yang baik dengan kakak angkatan, teman seangkatan dan staf/tenaga kependidikan serta para dosen.

Kakak angkatan kamu lebih dulu belajar di kampus ini sehingga pasti punya lebih banyak pengalaman dan ilmu. Tentu tepat sekali jika kamu berteman baik dengan kakak angkatan sebanyak mungkin.

Teman seangkatanmu juga harus dikenali satu per satu. Dalam perjalanan kuliah nantinya mereka akan banyak berkolaborasi dengan kamu, baik dalam perkuliahan atau pun dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Demikian juga dengan para staf/tenaga kependidikan, kamu akan banyak berinteraksi dengan mereka selama kuliah. Misalkan untuk keperluan praktikum di Lab atau pun persoalan administrasi kuliah di Prodi atau pun di tempat lainnya.

Sedangkan dengan para dosen, anggaplah sebagai pengganti orang tuamu di kampus dalam hal mendidikmu dan mengembangkan softskill maupun hardskill-mu. Sofskill meliputi kemampuan berpikir kritis, berkolaborasi, berkomunikasi, berkreativitas dan menumbuhkan karakter yang baik. Sedangkan hardskill meliputi ilmu pengetahuan dan praktek terkait teknik elektro.

Bagaimana jika saya sudah mencoba mengikuti kiat-kiat di atas tetapi masih kesulitan juga?

Jawab:

Jangan lupa, bicaralah dengan dosen PA-mu (Pembimbing Akademik). Dosen PA di setiap angkatan insya Allah akan bisa membantu memberikan solusi dari kesulitanmu.