Info Prodi
Minggu, 14 Jul 2024
  • 2 dari 8 Alasan Anak SMK & MAK Perlu Lanjut Kuliah di Prodi Teknik Elektro ITI: 1) Nggak perlu hebat dulu untuk bisa kuliah di sini, 2) Biaya kuliah bisa nyicil per bulan (bunga 0%).
8 Agustus 2023

Apa Itu Robot Line Follower?

Selasa, 8 Agustus 2023 Kategori : e-Learning

Robot Line Follower itu apa sih? Pengenalan mengenai robot line follower akan dibahas dalam tulisan dan video e-learning ini, gaes…Namun pertama-tama akan diberikan pengantar lebih dulu mengenai robot.

Oya, tulisan ini dibuat oleh Muhammad Al Kaff mahasiswa Prodi Teknik Elektro Institut Teknologi Indonesia, juga video e-learning-nya yang menampilkan AL Kaff.

Pengantar Sekilas Mengenai Robot

Robot merupakan mesin yang diprogram untuk melakukan satu atau lebih tugas, baik secara otomatis ataupun tidak.

Robot sendiri pun dapat dipandu atau dikendalikan, baik secara internal atau eksternal. Secara internal yang dimaksud adalah secara otomatis, jadi si robot akan bergerak atau beraksi berdasarkan beberapa parameter yang telah ditentukan oleh si pembuat, baik itu nilai atau program.

Lalu jika secara eksternal, artinya si pembuat robot-lah yang mengendalikan robot tersebut secara langsung contohnya seperti menggunakan remote control baik secara wireless atau wired.

Namun ada juga nih yang Hybrid, ataupun si robot dapat di kendalikan baik itu secara otomatis & manual, yang biasa disebut dengan istilah semi-autonomous.

Perbedaan Robot dan Bot

Lalu mungkin ada yang pernah mendengar istilah “bot”, maka perbedaan dari kata “Robot” dan “Bot” apa?

“Robot” adalah sebuah mesin yang diprogram untuk melakukan suatu perintah secara otomatis, sedangkan “Bot” adalah sebuah program yang dibuat untuk melakukan suatu perintah secara otomatis.

Atau singkatnya “Robot” terdapat bentuk fisik karena berupa mesin, sedangkan “Bot” tidak memiliki bentuk fisik atau virtual (contohnya seperti Bot Telegram).

Jenis-jenis Robot

Berikutnya adalah mengenai jenis-jenis robot. Robot sendiri terdiri dari beberapa jenis, baik itu replika atau bukan.

Replika yang dimaksud adalah di robot dibuat dengan acuan struktur robotnya berdasarkan makhluk hidup yang ada, baik itu manusia, hewan, ataupun tumbuhan.

Contoh jenis-jenis robot:

  • Aerospace : Robot yang dibuat untuk melakukan penjelajahan di luar bumi.
  • Consumer : Robot yang buat untuk dapat digunakan oleh manusia, baik untuk hobi ataupun untuk membantu pekerjaan manusia.
  • Drones : Robot pesawat tanpa awak, yang pada awalnya dibuat untuk keperluan militer contohnya untuk mengamati area musuh saat peperangan. Namun saat ini jenis dari robot drones semakin beragam.
  • Education : Robot yang dibuat untuk mengedukasi siswa/murid tentang robot, baik mengenai bentuk sampai dengan cara kerja dari robot. Sehingga para siswa/murid jadi lebih mudah untuk mengenal yang namanya robot.
  • Humanoid : Robot yang dibuat untuk dapat berinteraksi dengan manusia, namun memiliki konstruksi bentuk yang mengikuti bentuk tubuh manusia.
  • Industrial : Robot yang dibuat untuk membantu pekerjaan manusia di suatu industri sehingga dapat meningkatkan jumlah produksi dengan waktu sesingkat mungkin.
  • Medical : Robot yang dibuat untuk membantu para dokter ataupun perawat di rumah sakit dalam hal penanganan pasien.
  • Military : Robot yang dibuat untuk keperluan militer, entah itu pengamatan sampai dengan penyerangan.
  • Self-Driving Cars : Jika sebelumnya ada robot pesawat tanpa awak yang disebut “drone”, nah ada juga robot yang memiliki pengertian hampir sama dengan drone, tapi dalam bentuk mobil. Yang di mana mobil ini dapat berangkat ke suatu lokasi atau titik tanpa harus adanya driver ataupun pengemudi.
  • Underwater : Robot ini dibuat oleh para ilmuwan untuk melakukan penelitian terhadap suatu objek di bawah laut yang sangat dalam, baik itu untuk meneliti tumbuhan ataupun hewan laut.

Nah berikutnya kita akan membahas sebuah robot yang masuk ke dalam jenis “Education” dan juga “Self-“Driving Cars”, nama robot ini adalah “Line Follower Robot” atau ada juga yang menyebutnya “Maze Solver”.

Robot Line Follower dan Maze Solver

Lalu apa perbedaan antara Robot Line Follower dan Maze Solver?

Robot Line Follower adalah robot yang dapat bergerak dengan cara membaca garis sebagai peta pergerakan, adapun Maze Solver juga sama. Lalu apa yang membedakannya?

Yang membedakan ialah Robot Line Follower itu bergerak secara otomatis berdasarkan garis yang terbaca oleh robot, sedangkan Maze Solver perlu kita program terlebih dahulu pergerakannya jika telah membaca suatu garis.

Berikut ini adalah video penjelasan oleh Al Kaff yang ditayangkan di ITICamp channel di Youtube berjudul “Robotik #1 – Follower Robot“:

Sistem Kerja Input/Process/Output

Lalu bagaimana itu bisa terjadi? Jadi terdapat 3 hal penting yang perlu diperhatikan saat kita ingin membuat suatu robot atau alat, yakni input-process-output.

  • Input adalah tahapan yang dilakukan oleh robot untuk membaca suatu parameter, pada tahap input ini, robot memerlukan suatu komponen yang sensor.
  • Process adalah tahapan yang dilalui oleh suatu robot untuk mengeksekusi suatu perintah yang ingin dilakukan berdasarkan data parameter atau program yang dibuat. Pada tahap process ini, robot memerlukan yang namanya Mikrokontroler.
  • Output adalah tahapan akhir yang akan dilalui oleh robot, dimana pada tahap ini robot akan melakukan perintah yang sudah diprogram. Pada tahap output ini, robot memerlukan suatu komponen yang bernama Aktuator.

Nah sampai sini kita sudah sama-sama paham mengenai pengertian robot, jenis, sampai dengan sistem kerja dari robot. Selanjutnya kita akan membahas materi yang sedikit lebih teknis terkait robot pada video berikutnya, jadi sampai bertemu di tulisan dan video berikutnya, terima kasih.

Bersambung….

Update: Tulisan Part 2 telah terbit: Apa Itu Arduino?

Sumber video:
ITI Camp channel di Youtube

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar