Info Prodi
Rabu, 22 Mar 2023
  • Teknik Elektro Institut Teknologi Indonesia terakreditasi B oleh BAN PT. Lokasi kampus di dekat BSD, Tangerang Selatan, Banten. Teknik Elektro ITI berada di bawah LLDIKTI III Jakarta.

ChatGPT dan Pendidikan: Penelitian tentang ChatGPT di Jurnal Online

Sabtu, 4 Februari 2023 Oleh : admin

ChatGPT telah menarik perhatian akademisi, guru, profesional dan masyarakat umum sejak resmi diluncurkan bulan November 2022 lalu.

ChatGPT yang dikembangkan oleh OpenAI yang berbasis di San Fransisco, Amerika Serikat dan didanai salah satunya oleh Microsoft berhasil mengumpulkan jumlah pengguna 100 juta orang hanya dalam waktu 2 bulan sejak rilis resminya.

Itu adalah rekor yang memecahkan pencapaian 100 juta pengguna dalam waktu 9 bulan oleh aplikasi Tiktok atau 30 bulan oleh Instagram. Selain itu, akibat popularitas ChatGPT juga membuat server-nya beberapa kali overload sehingga pengguna kesulitan mengakses. Oleh karena itu ChatGPT saat ini menawarkan juga versi berbayar 20 dolar/bulan yang dinamakan ChatGPT Plus yang lebih stabil [1].

Terlepas dari itu, kalangan perguruan tinggi pun telah melakukan sejumlah penelitian tentang ChatGPT baik terkait dengan pendidikan atau yang lainnya yang dimuat di jurnal online, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Berikut ini daftar penelitian ChatGPT tersebut khusus seputar pendidikan, yang telah diterbitkan sejak bulan Desember 2022 – awal Februari 2023 saat artikel ini ditulis (yang sebisa mungkin akan di-update sesuai perkembangan).

  1. ChatGPT di jurnal online dalam negeri

a. Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis – Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), Unimuda Sorong
(Oleh Adi Setiawan dan Ulfah Khairiyah Luthfiyani)

Dapat dilihat di link berikut:
https://unimuda.e-journal.id/jurnalteknologiinformasi/article/view/3680

Update per 4 Maret 2023:

b. Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral – Jurnal Edukatif (FIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
(Oleh Aiman Faiz dan Imas Kurniawaty)

Dapat dilihat di link berikut:
https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/4779

c. Eksplorasi Penggunaan ChatGPT dalam Penulisan Artikel Pendidikan Matematika – Jurnal PJMSR
(Oleh Edi Supriyadi)

Dapat dilihat di link berikut:
https://ejournal.papanda.org/index.php/pjmsr/article/view/255

  1. ChatGPT di jurnal online luar negeri

a. OpenAI ChatGPT Generated Literature Review: Digital Twin in Healthcare – SSRN
(Oleh Omer Aydin dan Enis Karaarslan)

Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4308687

b. ChatGPT User Experience: Implications for Education – SSRN
(Oleh Xiaoming Zhai)

Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4312418

c. Chatting about ChatGPT: How May AI and GPT Impact Academia and Libraries? – SSRN
(Oleh Brady Lund dan Wang Ting)

Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4333415

d. Exams in the Time of ChatGPT – SSRN
(Oleh Margaret Ryznar)

Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3684958

e. Chatgpt’s Scientific Writings: A Case Study on Traffic Safety – SSRN
(Oleh Boniphace Kutela, Kelvin Msechu, Subasish Das, Emmanuel Kidando

Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4329120

f. Education in the Era of Generative Artificial Intelligence (AI): Understanding the Potential Benefits of ChatGPT in Promoting Teaching and Learning – SSRN
(Oleh David Baidoo-Anu, Leticia Owusu Ansah)

Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4337484

g. A Computer Wrote this Paper: What ChatGPT Means for Education, Research, and Writing – SSRN
(Oleh Lea Bishop)

Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4338981

h. ChatGPT at Universities – The Least of Our Concerns – SSRN
(Oleh Jurgen Willems)

Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4334162

i. ChatGPT for Next Generation Science Learning – SSRN
(Oleh Xiaoming Zhai)

Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4331313

j. Applied Innovation: Artificial Intelligence in Higher Education – SSRN
(OLeh Aeron Zentner)

Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4314180

k. The Use of AI-Supported Chatbot in Psychology – SSRN
(Oleh Kadir Uludag)

Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4331367

l. ChatGPT for (Finance) Research: The Bananarama Conjecture – SSRN
(Oleh Michael M Dowling dan Brian M Lucey)

Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4322651

m. Exploring the Role of Artificial Intelligence in Enhancing Academic Performance: A Case Study of ChatGPT – SSRN
(Oleh Muneer M Alshater)

Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4312358

Baca juga: Video Tutorial ChatGPT untuk Membantu Menulis Artikel Jurnal / Prosiding Seminar – Bagian Pertama

n. ChatGPT Goes to Law School – SSRN
(Oleh Jonathan H. Choi, Kristin E. Hickman, Amy Monahan, Daniel Schwarcz)

Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4335905

o. Best Practices for Disclosure and Citation When Using Artificial Intelligence Tools – SSRN
(Oleh Mark Shope)

Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4338115

p. Chatgpt as a Support Tool for Online Behavioral Task Programming – SSRN
(Oleh Laurent Avila-Chauvet, Diana Mejía, Christian Oswaldo Acosta Quiroz)

Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4329020

q. An Analysis of the Automatic Bug Fixing Performance of ChatGPT – Arxiv Cornell University
(Oleh Dominik Sobania, Martin Briesch, Carol Hanna, Justyna Petke)

Dapat dilihat di link berikut:
https://arxiv.org/abs/2301.08653

r. Is ChatGPT A Good Translator? A Preliminary Study – Arxiv Cornell University
(OLeh Wenxiang Jiao∗ Wenxuan Wang Jen-tse Huang Xing Wang Zhaopeng Tu)

Dapat dilihat di link berikut:
https://arxiv.org/pdf/2301.08745.pdf

Update per 24 Februari 2023:

  1. ChatGPT – Reshaping medical education and clinical management
    (Oleh: Rehan Ahmed Khan, Masood Jawaid, Aymen Rehan Khan, Madiha Sajjad)

Dapat dilihat di link berikut:
https://pjms.org.pk/index.php/pjms/article/view/7653

  1. ChatGPT: A Study of AI Language Processing and its Implications
    (Oleh: Puranjay Savar Mattas)

Dapat dilihat di link berikut:
https://ijrpr.com/uploads/V4ISSUE2/IJRPR9921.pdf

  1. What if the devil is my guardian angel: ChatGPT as a case study of using chatbots in education
    (Oleh: Ahmed Tlili, Boulus Shehata, Michael Agyemang Adarkwah, Aras Bozkurt, Daniel T. Hickey, Ronghuai Huang & Brighter Agyemang )

Dapat dilihat di link berikut:
https://slejournal.springeropen.com/articles/10.1186/s40561-023-00237-x

  1. The AI Race is on! Google’s Bard and OpenAI’s ChatGPT Head to Head: An Opinion Article
    (Oleh: Md. Saidur Rahaman, M. M. Tahmid Ahsan, Nishath Anjum, Md. Mizanur Rahman, Md Nafizur Rahman)

Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4351785

  1. A Review of ChatGPT AI’s Impact on Several Business Sectors
    (Oleh: A. Shaji George, A. S. Hovan George)

Dapat dilihat di link berikut:
https://puiij.com/index.php/research/article/view/11

  1. Artificial Hallucinations in ChatGPT: Implications in Scientific Writing
    (Oleh: Hussam Alkaissi, Samy I. McFarlane)

Dapat dilihat di link berikut:
https://www.cureus.com/articles/138667-artificial-hallucinations-in-chatgpt-implications-in-scientific-writing#!/

  1. Open AI in Education, the Responsible and Ethical Use of ChatGPT Towards Lifelong Learning
    (Oleh: David Mhlanga)

Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4354422

  1. How Does ChatGPT Perform on the United States Medical Licensing Examination? The Implications of Large Language Models for Medical Education and Knowledge Assessment
    (Oleh: Aidan Gilson, Conrad W Safranek, Thomas Huang, Vimig Socrates, Ling Chi, Richard Andrew Taylor, David Chartash)

Dapat dilihat di link berikut:
https://mededu.jmir.org/2023/1/e45312

  1. Is ChatGPT Smarter than a Student in Principles of Economics?
    (Oleh: Wayne Geerling, G. Dirk Mateer, Jadrian Wooten, Nikhil Damodaran)

Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4356034

  1. ChatGPT and Big Data: Enhancing Text-to-Speech Conversion
    (Oleh: Hatim Abdelhak Dida, DSK Chakravarthy, Fazle Rabbi)

Dapat dilihat di link berikut:
https://mesopotamian.press/journals/index.php/bigdata/article/view/47

  1. The Benefits and Challenges of ChatGPT: An Overview
    (Oleh: Jianyang Deng, Yijia Lin)

Dapat dilihat di link berikut:
https://drpress.org/ojs/index.php/fcis/article/view/4465

  1. ChatGPT: Exploring the Role of Cybersecurity in the Protection of Medical Information
    (Oleh: Maad Mijwil, Mohammad Aljanabi, Ahmed Hussein Ali)

Dapat dilihat di link berikut:
https://journals.mesopotamian.press/index.php/CyberSecurity/article/view/29

  1. User preferences for ChatGPT-powered conversational interfaces versus traditional methods
    (Oleh: Tam Sakirin, Rachid Ben Said)

Dapat dilihat di link berikut:
https://mesopotamian.press/journals/index.php/cs/article/view/45/70

Sumber:
[1] https://www.techspot.com/news/97486-chatgpt-adds-100-million-users-two-months-making.html

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar