Profil Program Studi Teknik Elektro

Selayang Pandang Tenik Elektro

Program Studi Teknik Elektro ITI didirikan pada tahun 1984, dan kini terakreditasi dengan nilai B. Penyelenggaraan pendidikan di Prodi Teknik Elektro dilaksanakan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi sarjana berkualitas yang dapat mengantisipasi perubahan dan perkembangan di bidang sains dan teknologi, khususnya di bidang teknik elektro.

Sistem pendidikan dilaksanakan menggunakan sistem SKS (Satuan Kredit Semester) yang terprogram melalui kuliah tatap muka, kegiatan laboratorium serta praktek lapangan. Jumlah SKS yang harus diselesaikan adalah sebanyak 144 SKS dalam waktu 4 tahun (8 semester) atau lebih cepat. Teknik Elektro ITI menawarkan 2 bidang konsentrasi untuk memperoleh profesionalisme dan spesialisasi, yang terdiri dari :

Elektronika industri

Energi

 

Dosen Tetap Teknik Elektro

Program Studi Teknik Elektro ITI memiliki 12 tenaga dosen tetap lulusan dalam dan luar negeri. Di samping itu, terdapat sejumlah dosen tidak tetap yang berasal dari BATAN, Puspiptek, LIPI dan para profesional/praktisi. Daftar dosen tetap selengkapnya dapat dilihat pada link berikut ini.

 

Program 10 Miliar untuk Peningkatan Mutu

Beberapa waktu yang lalu Teknik Elektro menjalankan program untuk peningkatan mutu akademik yang dibiayai dengan dana sekitar Rp. 10 miliar dari program TPSDP (Technology & Professional Skills Development Project) dari Departemen Pendidikan Nasional. Prodi Teknik Elektro ITI berhasil lolos dalam kompetisi TPSDP yang diadakan Depdiknas dengan dana pinjaman dari Asian Development Bank untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia, dan saat ini merupakan satu-satunya program studi elektro dari perguruan tinggi swasta di lingkungan Jabodetabek yang menjalankan program ini.

Program tersebut antara lain mencakup :

  • Pembelian alat-alat laboratorium dan peningkatan praktikum.
  • Renovasi ruang kelas dan laboratorium.
  • Pembaharuan kurikulum dengan konsultan dari luar negeri.
  • Kemahiran berbahasa Inggris dengan referensi ujian TOEFL.
  • Pendirian Simulation Center untuk aplikasi software penunjang kuliah.
  • Pengiriman dosen ke luar negeri untuk studi lanjut.
  • Pendanaan riset unggulan untuk mahasiswa dan dosen.
  • Perbaikan administrasi dan manajemen informasi.
  • Peningkatan metode pengajaran dan pembelajaran.
  • Monitoring akademik untuk membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan.

Visi

Program Teknik Elektro sebagai tempat pendidikan, penelitian, dan pengembangan nilai dalam bidang elektro yang unggul, mampu memenuhi kebutuhan pembangunan Indonesia, berwawasan entrepreneurship dan diakui secara nasional.

Misi

  • Menyediakan proses pendidikan yang berkualitas sehingga lulusannya siap menjawab tantangan dunia kerja, berkemampuan dalam bidang keahliannya dengan wawasan entrepeneur, memiliki kemampuan untuk terus menerus belajar dan mengikuti perkembangan terbaru, serta memiliki kepribadian yang tangguh.
  • Melakukan penelitian terapan / tepat guna serta pengabdian.