Info Prodi
Sabtu, 13 Apr 2024
  • 2 dari 8 Alasan Anak SMK & MAK Perlu Lanjut Kuliah di Prodi Teknik Elektro ITI: 1) Nggak perlu hebat dulu untuk bisa kuliah di sini, 2) Biaya kuliah bisa nyicil per bulan (bunga 0%).
14 Februari 2023

Daftar Universitas Swasta / PTS Terbaik di Kabupaten Bekasi & Cikarang-Cibitung, Provinsi Jawa Barat

Selasa, 14 Februari 2023 Kategori : Tips Studi

Berikut ini daftar universitas swasta / perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Kabupaten Bekasi (termasuk Cikarang-Cibitung). Kabupaten Bekasi tercatat sebagai kabupaten dengan jumlah penduduk terpadat ketiga di Provinsi Jawa Barat. Wilayah ini juga menjadi idaman sejumlah mahasiswa untuk menjemput ilmu di kampus-kampus tersebut.

Meski demikian, sebelum mengulik daftar perguruan tinggi swasta tersebut lebih dekat lagi, maka akan dijelaskan sekilas lebih dulu mengenai Kabupaten Bekasi, ya gaes…

Kabupaten Bekasi Selintas

Menurut situs Wikipedia, Kabupaten Bekasi merupakan suatu kabupaten yang berlokasi di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukota kabupaten ini berada di Cikarang. Letak Kabupaten Bekasi berada di sebelah timur Jakarta.

Berbatasan dengan Kota Bekasi dan Provinsi DKI Jakarta di barat, dengan Laut Jawa di barat & utara, dengan Kabupaten Karawang di timur, dan Kabupaten Bogor di selatan. Kabupaten Bekasi memiliki 23 kecamatan, yang terdiri dari ratusan desa dan kelurahan. Suku aslinya adalah Suku Sunda & Suku Betawi.

Menurut seorang ahli bahasa Sansakerta & bahasa Jawa Kuno dari Indonesia,yakni Poerbatjaraka, kata “Bekasi” secara filologis bersumber dari kata Candrabhaga, di mana Candra bermakna bulan (“sasi” dalam bahasa Jawa Kuno) & Bhaga bermakna bagian. Sehingga Candrabhaga bermakna bagian dari bulan. Akibat pengaruh bahasa Belanda sering ditulis “Bacassie“.

Candrabhaga adalah bagian dari wilayah Kerajaan Tarumanagara, yang telah eksis semenjak abad ke-5 Masehi. Terdapat tujuh prasasti yang menginformasikan adanya kerajaan Tarumanagara dengan pimpinan Maharaja Purnawarman, yaitu Prasasti Tugu (Cilincing, Jakarta), Prasasti Ciaruteun, Prasasti Muara Cianten, Prasasti Kebon Kopi, Prasasti Jambu, Prasasti Pasir Awi (ke enam prasasti ini ada di daerah Bogor), dan satu prasasti di daerah Bandung Selatan (Prasasti Cidangiang).

Di tahun 2013, jumlah populasi Kabupaten Bekasi sekitar 3.899.112 orang. Luas wilayahnya sekitar 127.388 hektar (1.224,88 kilometer persegi) yang meliputi daratan 860 kilometer persegi dan wilayah berupa kepulauan (meliputi pulau Bawang, pulau Arang dan pulau Kelapa serta delapan pulau lainnya) mencapai 559 kilometer persegi. Adapun level kepadatan populasi Kabupaten Bekasi sekitar 2.451 jiwa/kilometer persegi.

Kabupaten Bekasi diresmikan pada 15 Agustus 1950 berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 1950, yang pada masa itu memiliki lima belas kecamatan dan 118 desa dengan ibu kota masih di Kota Bekasi.

Memiliki 23 kecamatan dan 187 desa dan menempati dataran rendah & dengan ketinggian antara dua hingga empat puluh meter di atas permukaan laut (dpl). Kecamatan-kecamatan itu antara lain: Kecamatan Babelan, Kecamatan Bojongmangu, Kecamatan Cabangbungin, Kecamatan Cibarusah, Kecamatan Cibitung, Kecamatan Cikarang Barat, Kecamatan Cikarang Pusat, Kecamatan Cikarang Selatan, Kecamatan Cikarang Timur, Kecamatan Cikarang Utara, Kecamatan Karangbahagia, Kecamatan Kedungwaringin, Kecamatan Muara Gembong, Kecamatan Pebayuran, Kecamatan Serang Baru, Kecamatan Setu, Kecamatan Sukakarya, Kecamatan Sukatani, Kecamatan Sukawangi, Kecamatan Tambelang, Kecamatan Tambun Selatan, Kecamatan Tambun Utara dan Kecamatan Tarumajaya.

Kecamatan dengan jumlah desa paling kecil adalah Kecamatan Cikarang Pusat, Bojongmangu dan Muaragembong, dan kecamatan dengan jumlah desa paling banyak ialah Kecamatan Pebayuran. Kecamatan paling luas ialah Kecamatan Muaragembong dengan luas 14.009 hektar alias 11,00 % dari luas seluruh Kabupaten Bekasi.

Ok, setelah kita meninjau sekilas Kabupaten Bekasi, selanjutnya kita coba lihat sejumlah universitas swasta terbaik yang menjadi kampus idaman mahasiswa untuk melanjutkan kuliah di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Universitas-universitas Swasta di Kabupaten Bekasi

  1. President University
    Memiliki kampus di Jalan Ki Hajar Dewantara, Kota Jababeka, Kecamatan Cikarang Baru, Kabupaten Bekasi 17550, Jawa Barat.
  1. STT Duta Bangsa (dahulu STT Cikarang)

Berlokasi di Ruko CBD Blok A Nomor 10-12, Jalan Niaga Raya, Mekarmukti, Cikarang Utara, Pasirsari, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17530.

Baca juga: Daftar Universitas Swasta Terbaik di Kota Bekasi, Jawa Barat

  1. STIE BII

Berlokasi di Jalan Sultan Hasanudin Nomor 206, Tambun, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17510

  1. STIE Pelita Bangsa (Kampus Cikarang)

Beralamat di Jalan Inspeksi Kalimalang Nomor 9, Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17530.

  1. STMIK MIC Cikarang (dahulu bernama STMIK MIC Jababeka)

Beralamat di Harco Teknik H1-H5 Kawasan Industri Jababeka I, Pasir Gombong, Kecamatan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

  1. Universitas Panca Sakti Bekasi / PSUB (Kampus Cikarang)

Memiliki Kampus B di Jalan Tegal Danas Deltamas, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, dan Kampus C di Jalan Kapten Sumantri Nomor 16, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Kampus utamanya berlokasi di Kota Bekasi.

  1. Jakarta Global University / JGU (Kampus Cibitung)

Memiliki Kampus B di Jalan H. Saimun, Cibuntu, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Sedangkan kampus utama berada di Kota Bekasi.

8. Universitas BSI (Kampus Cikarang dan Cibitung)

Kampus dari Jakarta ini memiliki Kampus Cikarang di Jalan Raya Cikarang – Cibarusah Nomor 168, Cikarang Square, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17550 serta Kampus Cibitung di Jalan KH. Ahmad Mariuk, Cibuntu, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17530.

  1. Universitas Pelita Bangsa (Kampus Cikarang)

Mempunyai kampus di Cikarang di Jalan Inspeksi Kalimalang Tegal Danas, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi.

  1. Universitas Paramadina (Kampus Cikarang)

Mempunyai Kampus Cikarang di Meikarta Distrik 2, Kecamatan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

  1. Politeknik Meta Industri Cikarang

Memiliki kampus di Jalan Inti 1 Blok C1 nomor 7, Lippo Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17550.

  1. Politeknik LP3I (Kampus Cikarang)

Mempunyai Kampus Cikarang di Jalan Gatot Subroto Nomor 119, Karangasih, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17530.

Demikianlah paparan secara ringkas tentang universitas swasta terbaik di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Semoga bisa menolong para netizen yang budiman dalam mencari kampus untuk melanjutkan kuliah.

Sumber:
[1]https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_perguruan_tinggi_swasta_di_Jawa_Barat
[2]https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Bekasi

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar