Info Prodi
Sabtu, 13 Apr 2024
  • 2 dari 8 Alasan Anak SMK & MAK Perlu Lanjut Kuliah di Prodi Teknik Elektro ITI: 1) Nggak perlu hebat dulu untuk bisa kuliah di sini, 2) Biaya kuliah bisa nyicil per bulan (bunga 0%).
31 Januari 2023

Daftar Universitas Swasta Terbaik di Kota Tangerang, Provinsi Banten

Selasa, 31 Januari 2023 Kategori : Tips Studi

Berikut ini daftar universitas swasta / perguruan tinggi swasta (PTS) yang dapat dijumpai di Kota Tangerang, Provinsi Banten. Sejumlah kampus universitas swasta itu mendapatkan ranking terbaik berdasarkan pemeringkatan oleh Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2020 lalu.

Hanya saja, sebelum kita melihat ke daftar PTS yang ada di Kota Tangerang, kita tinjau selintas mengenai Kota Tangerang terlebih dahulu.

Menurut situs Wikipedia, Kota Tangerang merupakan kota terbesar ketiga di Jabodetabek. Kota ini berada di Tatar Pasundan Provinsi Banten, Indonesia. Letaknya persis di sebelah barat DKI Jakarta dengan jumlah populasi mencapai 1.853.462 pada tahun 2021 dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 12.041 jiwa/kilometer persegi.

Secara geografis, Kota Tangerang berada di wilayah barat laut Provinsi Banten serta terletak di sisi utara Pulau Jawa. Kota Tangerang memiliki luas wilayah mencapai lebih kurang 153,9 kilometer persegi.

Sungai Cisadane sebagai satu sungai terbesar di barat Pulau Jawa melintasi Kota Tangerang. Sungai tersebut menjadi bagian inheren identitas Kota Tangerang. Hulu sungai ini berada di lereng Gunung Salak dan Gunung Pangrango, Bogor.

Baca juga: 8 Alasan Mengapa Anak SMK dan MAK Harus Kuliah di Teknik Elektro ITI

Kota Tangerang sendiri mempunyai 13 kecamatan dan 104 kelurahan. Kecamatan di Kota Tangerang ini adalah Batuceper, Benda (memiliki ketinggian rata-rata 10 mdpl), Cibodas, Ciledug, Cipondoh, Jatiuwung, Karangtengah, Karawaci, Larangan, Neglasari, Periuk, Pinang dan Tangerang.

Nah, setelah kita mengenali Kota Tangerang, selanjutnya kita akan menelusuri sejumlah perguruan tinggi swasta terbaik yang ada di Kota Tangerang, Banten tersebut:

Universitas Bina Nusantara (Binus)

Kampus asal Jakarta ini mempunyai Kampus Alam Sutera yang berlokasi di Kavling 21, Alam Sutera Jl. Jalur Sutera Barat Panunggangan Timur, RT 1 RW 4, Panunggangan, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Banten 15143.

Pada pemeringkatan untuk universitas swasta terbaik di Jakarta tahun 2020 lalu yang dilakukan oleh Ditjen Dikti Kemdikbud RI, Binus sukses menempati peringkat ke-1 di LLDIKTI Wilayah 3.

Sekedar informasi bagi pembaca sekalian, di tahun 2021 atau 2022 kemarin Kemdikbud RI atau Dijen Dikti belum mengeluarkan daftar ranking perguruan tinggi swasta terbaik di Jakarta lagi hingga saat tulisan ini dimuat di sini.

Universitas Pelita Harapan (UPH)

UPH berkampus di MH Thamrin Boulevard 1100, Kelapa Dua, Kecamatan Kelapa Dua, Kota Tangerang, Banten 15811.

Pada pemeringkatan universitas swasta terbaik di Jakarta tahun 2020 lalu yang dilakukan oleh Ditjen Dikti Kemdikbud RI, UPH berhasil menempati peringkat ke-13 di LLDIKTI Wilayah 3

Universitas Swasta Lainnya di Kota Tangerang

Selain dua universitas swasta terbaik di atas, terdapat juga banyak universitas swasta lainnya yang berada di Kota Tangerang, Banten yaitu:

  1. Swiss German University (SGU/Universitas Swiss German)

Memiliki kampus yang berada di The Prominence Tower Alam Sutera, Jl. Jalur Sutera Bar. Nomer Kavling 15, RT 3 RW 6, Panunggangan Timur, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Banten 15143.

Baik Universitas Swiss German ini maupun Universitas Binus di atas kami sertakan juga dalam tulisan kami tentang perguruan tinggi swasta di sekitar BSD, Tangerang Selatan sebelumnya, karena kedua kampus swasta terbaik tersebut terletak persis di perbatasan Kota Tangerang Selatan dan Kota Tangerang, sehingga bisa disebut juga berada di sekitar BSD meskipun secara adminitratif telah masuk ke wilayah Kota Tangerang.

Baca juga: Jurusan Kuliah Boleh Buta Warna di ITI, Mulai dari Teknik Mesin, Teknik Sipil dan Lainnya

  1. Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT)

Memiliki kampus yang beralamat di Jl. Perintis Kemerdekaan I Babakan Nomer 33, RT 007/RW 003, Cikokol, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118.

  1. Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

Kampus Islam pertama di Banten ini berlokasi di Jalan Maulana Yusuf Nomer 10, Babakan, Kota Tangerang, Banten 15118.

  1. Universitas Surya (Surya University)

Berada di F8 dan F9 Grand Serpong Mall, Jl. MH. Thamrin, Panunggangan Utara, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Banten 15143.

  1. Universitas Buddhi Dharma

Memiliki kampus di Jalan Imam Bonjol Nomer 41,
Karawaci Ilir, Kota Tangerang 15115, Banten.

  1. Universitas Raharja

Beralamat di Jalan Jendral Sudirman Nomer 40, Modern Cikokol, Tangerang 15117, Banten.

  1. Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Gunung Jati Tangerang

Berlokasi di Jalan Besi Raya Perumnas II Nomer 33, RT 5/RW 4, Cibodas Baru, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Banten 15138.

  1. Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nahdlatul Ulama (STISNU) Nusantara

Berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan II, RT 7/RW 3, Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118.

  1. STT (Sekolah Tinggi Teknologi) Yuppentek

Berlokasi di Jalan Veteran Raya 1 Sukasari, Banten, RT 2/RW 2, Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118.

  1. Politeknik Gajah Tunggal

Berlokasi di Jalan Gajah Tunggal Nomer 16, RT 1/RW 2, Alam Jaya, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten 15133

  1. STIE Bisma Lepisi

Beralamat kampus di Jalan KS Tubun, Pasar Baru, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15112.

  1. STISIP Yuppentek

Beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan I Nomer 1, RT 7/RW 3, Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118.

Demikianlah, semoga daftar ini bisa membantu para pembaca sekalian dalam membantu memutuskan perguruan tinggi swasta mana yang tepat sebagai kampus tujuan kuliah untuk masa depan yang lebih baik.

Sumber:
[1]https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_perguruan_tinggi_swasta_di_Banten
[2]https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Tangerang

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar