ChatGPT telah menarik perhatian dunia pendidikan, baik kalangan akademisi, guru, pelajar maupun mahasiswa,serta kalangan profesional dan masyarakat umum lainnya sejak resmi diluncurkan bulan November 2022 lalu.
ChatGPT yang dikembangkan oleh OpenAI yang berbasis di San Fransisco, Amerika Serikat dan didanai salah satunya oleh Microsoft berhasil mengumpulkan jumlah pengguna 100 juta orang hanya dalam waktu 2 bulan sejak rilis resminya.
Jangka waktu 2 bulan itu menjadi rekor tersendiri dalam sejarah aplikasi, memecahkan pencapaian 100 juta pengguna dalam waktu 9 bulan oleh aplikasi Tiktok atau 30 bulan oleh Instagram. Selain itu, akibat popularitas ChatGPT juga membuat server-nya beberapa kali overload sehingga pengguna kesulitan mengakses. Oleh karena itu ChatGPT saat ini menawarkan juga versi berbayar 20 dolar/bulan yang dinamakan ChatGPT Plus yang lebih stabil [1].
Terlepas dari itu, kalangan perguruan tinggi pun telah melakukan sejumlah penelitian tentang ChatGPT baik terkait dengan pendidikan atau yang lainnya yang dimuat di jurnal online, baik dalam negeri maupun luar negeri.
Berikut ini daftar penelitian ChatGPT tersebut khusus seputar pendidikan, yang telah diterbitkan sejak bulan Desember 2022 – awal Februari 2023 saat artikel ini ditulis (insya Allah akan terus di-update sesuai perkembangan ke depannya, khususnya untuk publikasi jurnal dalam negeri).
I. ChatGPT di jurnal online dalam negeri
1. Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis – Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), Unimuda Sorong
(Oleh Adi Setiawan dan Ulfah Khairiyah Luthfiyani)
Dapat dilihat di link berikut:
https://unimuda.e-journal.id/jurnalteknologiinformasi/article/view/3680
Update per 4 Maret 2023:
2. Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral – Jurnal Edukatif (FIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
(Oleh Aiman Faiz dan Imas Kurniawaty)
Dapat dilihat di link berikut:
https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/4779
3. Eksplorasi Penggunaan ChatGPT dalam Penulisan Artikel Pendidikan Matematika – Jurnal PJMSR
(Oleh Edi Supriyadi)
Dapat dilihat di link berikut:
https://ejournal.papanda.org/index.php/pjmsr/article/view/255
Update per 24 April 2023:
4. Video Youtube dalam Proses Pembelajaran dengan ChatGPT
(Oleh: Efron Manik, Rebika Afrina Br Simanjuntak, Ratio Julianci Simarmata)
Dapat dilihat di link berikut:
http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/13476
5. The Use of Artificial Intelligence-Based ChatGPT and Its Challenges for The World of Education; From The Viewpoint of The Development of Creative Writing Skills
(Oleh Muhammad Shiddiq)
Dapat dilihat di link berikut:
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/icesh/article/view/5614
6. New Trends in Technology and Chat Bots
(Oleh Samir Hamada, Mohammad AlShibli, Salwa Hamada)
Dapat dilihat di link berikut:
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/icesh/article/view/5584/1919
7. Analysing the Role of ChatGPT in Improving Student Productivity in Higher Education
(Oleh Fauzi, Laros Tuhuteru, Ferdinandus Sampe, Abu Muna Almaududi Ausat, Heliza Rahmania Hatta)
Dapat dilihat di link berikut:
https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2563
Update per 1 Mei 2023:
8. Is ChatGPT Dangerous for Lecturer Profession? An In-depth Analysis
(Oleh: Abu Muna Almaududi Ausat, Suherlan Suherlan, Hizbul Khootimah Azzaakiyyah)
Dapat dilihat di link berikut:
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/13878
9. Public relations’ disruption model on chatgpt issue
(Oleh: Indra Kertati dkk)
Dapat dilihat di link berikut:
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jsk/article/view/6143
10. Alternative Text Pre-Processing using Chat GPT Open AI
(Oleh: Indri Tri Julianto dkk)
Dapat dilihat di link berikut:
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/janapati/article/view/59746
11. Artificial intelligence (AI) technology in OpenAI ChatGPT application: A review of ChatGPT in writing English essay
(Oleh: Tira Nur Fitria)
Dapat dilihat di link berikut:
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/elt/article/view/64069
12. Can Chat GPT Replace the Role of the Teacher in the Classroom: A Fundamental Analysis
(Oleh: Abu Muna Almaududi Ausat dkk)
Dapat dilihat di link berikut:
https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2745
13. ChatGPT Dan Artificial Intelligence: Kekacauan Atau Kebangunan Bagi Pendidikan Agama Kristen Di Era Postmodern
(Oleh: Frans Pantan)
Dapat dilihat di link berikut:
https://sttbi.ac.id/journal/index.php/diegesis/article/view/294
14. ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan
(Oleh: Misnawati)
Dapat dilihat di link berikut:
https://badanpenerbit.org/index.php/MATEANDRAU/article/view/221
Update per 6 Juni 2023:
Dapat dilihat pada link berikut:
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/13650
Dapat dilihat pada link berikut:
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/21090
Dapat dilihat pada link berikut:
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/view/46478
Dapat dilihat pada link berikut:
https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/744
Update per 8 Juli 2023:
Dapat dilihat pada link berikut:
https://jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/article/view/1291
Dapat dilihat pada link berikut:
https://www.polgan.ac.id/jurnal/index.php/jmp/article/view/12416
Dapat dilihat pada link berikut:
https://www.jurnal.polgan.ac.id/index.php/jmp/article/view/12407
Dapat dilihat pada link berikut:
https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/jmp/article/view/12440
Dapat dilihat pada link berikut:
https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/jmp/article/view/12443
Dapat dilihat pada link berikut:
https://acopen.umsida.ac.id/index.php/acopen/article/view/6397
Dapat dilihat pada link berikut:
https://masokan.iakn-toraja.ac.id/index.php/ojsdatamasokan/article/view/100
Dapat dilihat pada link berikut:
http://www.jurnal.pnk.ac.id/index.php/flash/article/view/1069
Dapat dilihat pada link berikut:
https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1724
Dapat dilihat pada link berikut:
https://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta/article/view/4344
Dapat dilihat pada link berikut:
https://journal.itbmpolman.ac.id/index.php/e-bussiness/article/view/63
Update per 1 Agustus 2023
Dapat dilihat pada link berikut:
https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/25308
Dapat dilihat pada link berikut:
http://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/adbimasiptek/article/view/8351
Dapat dilihat pada link berikut:
https://mail.jurnalhamfara.ac.id/index.php/jm/article/view/400
Dapat dilihat pada link berikut:
https://www.academia.edu/104337368/Penggunaan_Chat_GPT_sebagai_Sumber_Belajar_oleh_Mahasiswa_Teknik_Informatika_Angkatan_2021_di_Universitas_Muhammadiyah_Jakarta_Studi_Kasus_tentang_Ketergantungan_dan_Efektivitasnya_dalam_Menyelesaikan_Tugas
Dapat dilihat pada link berikut:
https://jtuah.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTUAH/article/view/8032
Dapat dilihat pada link berikut:
http://journal2.um.ac.id/index.php/alarabi/article/view/36954
Dapat dilihat pada link berikut:
https://ejournal.pnc.ac.id/index.php/jinita/article/view/1828
Dapat dilihat pada link berikut:
https://eltikom.poliban.ac.id/index.php/eltikom/article/view/724
II. ChatGPT di jurnal online luar negeri
a. OpenAI ChatGPT Generated Literature Review: Digital Twin in Healthcare – SSRN
(Oleh Omer Aydin dan Enis Karaarslan)
Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4308687
b. ChatGPT User Experience: Implications for Education – SSRN
(Oleh Xiaoming Zhai)
Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4312418
c. Chatting about ChatGPT: How May AI and GPT Impact Academia and Libraries? – SSRN
(Oleh Brady Lund dan Wang Ting)
Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4333415
d. Exams in the Time of ChatGPT – SSRN
(Oleh Margaret Ryznar)
Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3684958
e. Chatgpt’s Scientific Writings: A Case Study on Traffic Safety – SSRN
(Oleh Boniphace Kutela, Kelvin Msechu, Subasish Das, Emmanuel Kidando
Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4329120
f. Education in the Era of Generative Artificial Intelligence (AI): Understanding the Potential Benefits of ChatGPT in Promoting Teaching and Learning – SSRN
(Oleh David Baidoo-Anu, Leticia Owusu Ansah)
Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4337484
g. A Computer Wrote this Paper: What ChatGPT Means for Education, Research, and Writing – SSRN
(Oleh Lea Bishop)
Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4338981
h. ChatGPT at Universities – The Least of Our Concerns – SSRN
(Oleh Jurgen Willems)
Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4334162
i. ChatGPT for Next Generation Science Learning – SSRN
(Oleh Xiaoming Zhai)
Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4331313
j. Applied Innovation: Artificial Intelligence in Higher Education – SSRN
(OLeh Aeron Zentner)
Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4314180
k. The Use of AI-Supported Chatbot in Psychology – SSRN
(Oleh Kadir Uludag)
Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4331367
l. ChatGPT for (Finance) Research: The Bananarama Conjecture – SSRN
(Oleh Michael M Dowling dan Brian M Lucey)
Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4322651
m. Exploring the Role of Artificial Intelligence in Enhancing Academic Performance: A Case Study of ChatGPT – SSRN
(Oleh Muneer M Alshater)
Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4312358
Baca juga: Video Tutorial ChatGPT untuk Membantu Menulis Artikel Jurnal / Prosiding Seminar – Bagian Pertama
n. ChatGPT Goes to Law School – SSRN
(Oleh Jonathan H. Choi, Kristin E. Hickman, Amy Monahan, Daniel Schwarcz)
Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4335905
o. Best Practices for Disclosure and Citation When Using Artificial Intelligence Tools – SSRN
(Oleh Mark Shope)
Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4338115
p. Chatgpt as a Support Tool for Online Behavioral Task Programming – SSRN
(Oleh Laurent Avila-Chauvet, Diana Mejía, Christian Oswaldo Acosta Quiroz)
Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4329020
q. An Analysis of the Automatic Bug Fixing Performance of ChatGPT – Arxiv Cornell University
(Oleh Dominik Sobania, Martin Briesch, Carol Hanna, Justyna Petke)
Dapat dilihat di link berikut:
https://arxiv.org/abs/2301.08653
r. Is ChatGPT A Good Translator? A Preliminary Study – Arxiv Cornell University
(OLeh Wenxiang Jiao∗ Wenxuan Wang Jen-tse Huang Xing Wang Zhaopeng Tu)
Dapat dilihat di link berikut:
https://arxiv.org/pdf/2301.08745.pdf
Update per 24 Februari 2023:
Dapat dilihat di link berikut:
https://pjms.org.pk/index.php/pjms/article/view/7653
Dapat dilihat di link berikut:
https://ijrpr.com/uploads/V4ISSUE2/IJRPR9921.pdf
Dapat dilihat di link berikut:
https://slejournal.springeropen.com/articles/10.1186/s40561-023-00237-x
Baca juga: Uji Coba Bing Versi Baru + GPT-3.5 untuk Penelitian atau Penulisan Ilmiah
Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4351785
Dapat dilihat di link berikut:
https://puiij.com/index.php/research/article/view/11
Dapat dilihat di link berikut:
https://www.cureus.com/articles/138667-artificial-hallucinations-in-chatgpt-implications-in-scientific-writing#!/
Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4354422
Dapat dilihat di link berikut:
https://mededu.jmir.org/2023/1/e45312
Dapat dilihat di link berikut:
https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4356034
Dapat dilihat di link berikut:
https://mesopotamian.press/journals/index.php/bigdata/article/view/47
Baca juga: Etika Menggunakan ChatGPT di Dunia Akademik
Dapat dilihat di link berikut:
https://drpress.org/ojs/index.php/fcis/article/view/4465
Dapat dilihat di link berikut:
https://journals.mesopotamian.press/index.php/CyberSecurity/article/view/29
Dapat dilihat di link berikut:
https://mesopotamian.press/journals/index.php/cs/article/view/45/70
Update per 24 April 2023:
Dapat dilihat di link berikut:
https://www.mdpi.com/2079-8954/11/3/120
Dapat dilihat di link berikut:
https://www.asianjde.com/ojs/index.php/AsianJDE/article/view/718
Dapat dilihat di link berikut:
https://www.asianjde.com/ojs/index.php/AsianJDE/article/view/709
Dapat dilihat di link berikut:
https://www.researchgate.net/publication/370049024_ChatGPT_Applications_Opportunities_and_Threats
Dapat dilihat di link berikut:
https://journals.sfu.ca/jalt/index.php/jalt/article/view/731
Dapat dilihat di link berikut:
https://ijrpr.com/uploads/V4ISSUE2/IJRPR9921.pdf
Dapat dilihat di link berikut:
https://anatomypubs.onlinelibrary.wiley.com/doi/epdf/10.1002/ase.2270
Dapat dilihat di link berikut:
https://onlinelibrary.wiley.com/doi/epdf/10.1111/ijcs.12928
Dapat dilihat di link berikut:
https://www.mdpi.com/2071-1050/15/7/5614
Dapat dilihat di link berikut:
https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2666920X21000278
Sumber:
[1] https://www.techspot.com/news/97486-chatgpt-adds-100-million-users-two-months-making.html
Hi there, jսst wanted to say, I enjoyed this
article. It was hеlpful. Keep on posting!
Hi
Tinggalkan Komentar