Info Prodi
Rabu, 26 Jun 2024
  • 2 dari 8 Alasan Anak SMK & MAK Perlu Lanjut Kuliah di Prodi Teknik Elektro ITI: 1) Nggak perlu hebat dulu untuk bisa kuliah di sini, 2) Biaya kuliah bisa nyicil per bulan (bunga 0%).
2 Februari 2023

Orang dengan Buta Warna Bisa Kuliah di Jurusan Teknik Elektro

Kamis, 2 Februari 2023 Kategori : Berita Prodi

Apakah benar orang buta warna tidak bisa kuliah di jurusan teknik elektro? Well, jawabannya tidak benar. Paling tidak, untuk jurusan atau program studi Teknik Elektro di Institut Teknologi Indonesia, BSD Tangerang Selatan, maupun di perguruan tinggi negeri seperti Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) atau Teknik Elektro Institut Teknologi Surabaya (ITS).

Ya, minimal di ketiga kampus itu mereka tidak mensyaratkan cek buta warna atau surat keterangan bebas buta warna, sehingga kalian yang berada dalam kondisi buta warna masih bisa kuliah di jurusan teknik elektro. Semoga kabar baik ini bisa menambah semangat kalian yang memiliki passion atau keinginan besar melanjutkan studi dan memperdalam ilmu pengetahuan di bidang teknik elektro, ya.

Apakah orang dengan buta warna masih bisa berprestasi jika kuliah di jurusan teknik elektro? Barangkali kisah Andrew Bernard Chandra Wibawamulia berikut bisa memberikan sedikit gambaran bagi kalian.

Baca juga: 8 Alasan Mengapa Anak SMK dan MAK Harus Kuliah di Teknik Elektro ITI

Andrew adalah mahasiswa Teknik Elektro ITI angkatan 2018. Dahulu ia sempat ditolak beberapa kampus untuk kuliah di jurusan teknik elektro, karena kondisinya yang buta warna. Pada akhirnya ia memilih Prodi Teknik Elektro ITI di BSD, Tangerang Selatan, Banten padahal ia berasal dari Malang, Jawa Timur.

Saat ini Andrew masih berkuliah di ITI dengan prsetasi yang sangat baik dengan meraih IPK 3,89 hingga semester VI kemarin. Bahkan di tahun 2021 ini, Andrew terpilih mewakili Institut Teknologi Indonesia dalam ajang tahunan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2021 yang diadakan oleh Kemendikbudristek RI.

Demikianlah sedikit kisah Andrew. Semoga bisa melecut semangat dan memberikan harapan besar bagi kalian untuk terus mengejar mimpi kalian kuliah di jurusan teknik elektro.

Catatan: tulisan ini adalah respost dari tulisan tahun 2021 dari web Prodi lama. Saat ini Andrew telah lulus dan bekerja di sebuah perusahaan luar negeri bidang alat medis yang berbasis di Indonesia.

2 Komentar

Andika Pratama
Andika Pratama , Rabu 24 Mei 2023

bagaimana dengan program magang yang nantinya akan dilaksanakan mahasiswa, apakah mahasiswa pengidap buta warna parsial tidak akan kesulitan ketika menghadapi tes buta warna di industri yang dipilih?

Balas
    admin
    admin , Jumat 26 Mei 2023

    Untuk magang, sangat jarang sekali industri melakukan tes buta warna bagi mahasiswa yang akan magang atau kerja praktek di tempat mereka. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan ada industri yang melakukan hal itu. Mudah-mudahan jawaban ini bisa membantu ya kak, terima kasih atas kunjungannya.

    Balas

Tinggalkan Komentar