Info Prodi
Sabtu, 13 Apr 2024
  • 2 dari 8 Alasan Anak SMK & MAK Perlu Lanjut Kuliah di Prodi Teknik Elektro ITI: 1) Nggak perlu hebat dulu untuk bisa kuliah di sini, 2) Biaya kuliah bisa nyicil per bulan (bunga 0%).
23 Februari 2023

Daftar Universitas Swasta Terbaik di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten

Kamis, 23 Februari 2023 Kategori : Tips Studi

Berikut ini sejumlah universitas swasta / perguruan tinggi swasta (PTS) yang terdapat di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Beberapa kampus universitas swasta itu ada yang menjadi terbaik berlandaskan ranking yang dikeluarkan Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2020 lalu.

Hanya saja, sebelum meluncur ke daftar itu, terlebih dulu akan disinggung sekilas mengenai Kabupaten Tangerang.

Sekilas Kabupaten Tangerang

Menurut situs Wikipedia, Kabupaten Tangerang adalah salah satu kabupaten di wilayah Provinsi Banten yang berada di bagian timur provinsi yang memiliki wilayah seluas 959,61 kilometer persegi (12,62 % dari seluruh luas wilayah Provinsi Banten). Suku aslinya adalah Suku Banten.

Batas Kabupaten Tangerang adalah di utara dengan Laut Jawa, di timur dengan Kota Tangerang / Kota Tangerang Selatan, di selatan dengan Kabupaten Lebak dan Provinsi Jawa Barat, serta di barat dengan Kabupaten Serang.

Sebagian besar wilayah Tangerang adalah berupa dataran rendah. Sungai Cisadane menjadi sungai terpanjang di Tangerang, mengalir dari selatan & bermuara di Laut Jawa. Tangerang menjadi wilayah perkembangan sekaligus penyangga Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

Baca juga: 8 Alasan Mengapa Anak SMK dan MAK Harus Kuliah di Teknik Elektro ITI

Secara umum, Kabupaten Tangerang bisa diklasifikasikan ke dalam tiga wilayah pertumbuhan, yakni:

a. Pusat Pertumbuhan Balaraja dan Tigaraksa, terletak di bagian barat, dipusatkan sebagai pusat industri, permukiman, serta pusat pemerintahan.

b. Pusat Pertumbuhan Teluknaga, terletak di wilayah pesisir, mengandalkan industri pariwisata alam & laut, industri maritim, perikanan, pertambakan, serta pelabuhan.

c. Pusat Pertumbuhan Curug, Kelapa Dua, Legok dan Pagedangan, yang berlokasi di sebelah timur dekat perbatasan dengan Kota Tangerang serta Kota Tangerang Selatan. Dipusatkan menjadi sentra pemukiman & kawasan perdagangan dan bisnis.

Nah sekarang saatnya kita lihat sejumlah perguruan tinggi swasta terbaik di Kabupaten Tangerang, Banten sebagai berikut:

Universitas Swasta Terbaik di Kabupaten Tangerang

  1. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Memiliki kampus yang berlokasi di
Jalan Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15810.

Dalam rilis ranking universitas swasta terbaik tahun 2020 dari Ditjen Dikti Kemdikbud RI lalu, UMN menempati peringkat ke-8 di Jakarta / LLDIKTI Wilayah 3.

Namun untuk diketahui saja, sejak tahun 2021 ini Kemdikbud RI melalui Dijen Dikti belum lagi mengeluarkan ranking perguruan tinggi swasta terbaik di Jakarta hingga tulisan ini dibuat.

  1. Universitas Esa Unggul

Memiliki kampus di Citra Raya (Kampus A) di Mekar Bakti, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten 15710.

Universitas Esa Unggul juga memiliki Kampus Internasional beralamat di Jalan Raya Legok – Karawaci, Curug Sangereng, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15810.

Dalam rilis ranking universitas swasta terbaik tahun 2020 kemarin dari Ditjen Dikti Kemdikbud RI, Esa Unggul menempati peringkat ke-6 di Jakarta / LLDIKTI Wilayah 3.

Baca juga: Jurusan Kuliah Boleh Buta Warna di ITI, Mulai dari Teknik Mesin, Teknik Sipil dan Lainnya

Universitas Swasta Lainnya di Kabupaten Tangerang

Di samping universitas swasta terbaik tersebut, ada pula beberapa universitas swasta lainnya yang berlokasi di Kabupaten Tangerang, Banten antara lain:

  1. Sekolah Tinggi Teknologi Mutu Muhammadiyah (STTM Muhammadiyah)

Memiliki kampus di Jalan K.H. Syekh Nawawi Nomer 99, Mata Gara, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten 15720.

  1. Universitas Pramita Indonesia

Universitas swasta ini beralamat di Jalan Kampus Pramita, Binong, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Banten 15810.

  1. Universitas Cendekia Abditama

Memiliki kampus di Jalan Islamic Raya Nomer 1, Kelapa Dua, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15812.

  1. Universitas Matana (Matana University)

Berlokasi di Gading Serpong, tepatnya di ARA Center, Matana University Tower, Jalan CBD Barat Kavling 1, Curug Sangereng, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15810.

  1. Sekolah Tinggi Bahasa Asing Technocrat (STBA Technocrat)

Berlokasi di Ruko Mardi Gras Blok KC-01 Nomer 17, Jalan Boulevard Raya Citra Raya Cikupa, Mekar Bakti, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten 15710.

  1. Universitas Tangerang Raya (UNTARA)

Beralamat di Kompleks Perumahan Sudirman Indah, Jalan Ki Mas Laeng, Jalan Syeh Mubarok Nomer 25, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten.

  1. Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah (STFM) Tangerang

Berlokasi di KH Syekh Nawawi (Raya Pemda) KM. 4 RW 13, Mata Gara, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten 15720.

  1. STIE PPI (Putra Perdana Indonesia)

Berlokasi di Griya Harsa II, Jalan Citra Raya Utama Barat Nomer 29, Sukamulya, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten 15710.

  1. STKIP Surya

Berlokasi di Ruko Alicante Blok A Nomer 51 Jalan Boulevard Gading Serpong, Medang, Pagedangan, Tangerang Regency, Banten 15334.

  1. Universitas Insan Pembangunan Indonesia (UNIPI)

UNIPI adalah gabungan dari STIE Insan Pembangunan dan STMIK Insan Pembangunan pada tahun 2021. Berlokasi di Pos Bitung, Jl. Raya Serang No.Km. 10, Kadu Jaya, Kec. Curug, Kabupaten Tangerang, Banten 15810

Demikianlah, mudah-mudahan tulisan ini dapat membantu para pembaca yang budiman dalam menentukan pilihan universitas swasta di Kabupaten Tangerang yang cocok untuk melanjutkan kuliah.

Sumber:
[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Tangerang
[2] https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_perguruan_tinggi_swasta_di_Banten

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar