Info Prodi
Minggu, 14 Jul 2024
  • 2 dari 8 Alasan Anak SMK & MAK Perlu Lanjut Kuliah di Prodi Teknik Elektro ITI: 1) Nggak perlu hebat dulu untuk bisa kuliah di sini, 2) Biaya kuliah bisa nyicil per bulan (bunga 0%).

Kisah Pendek Inspiratif: Abu Darda dan Rumahnya yang Selamat karena Amalan Doa Ini

Selasa, 19 September 2023 Oleh : Adi Setiawan

Sumber kesedihan dan kecemasan manusia bisa berasal dari musibah, kemalangan, bencana atau sekedar kesulitan hidup. Semuanya bisa menjadi ujian bagi kesabaran sekaligus menjadi penghapus dosa bagi orang-orang yang beriman.

Namun terdapat suatu riwayat dari para salafus salih, bahwa ada suatu amal yang bisa menjadi pencegah dari kesedihan, kecemasan atau musibah sebelum hal itu terjadi. Juga ada suatu riwayat bahwa ada amal yang bisa menghilangkan kesedihan dan kecemasan saat hal itu sedang terjadi.

Pada suatu hari, sahabat nabi yang bernama Abu Darda kedatangan beberapa orang dan mengatakan kepadanya, “Wahai Abu Darda, rumah Anda terbakar!”

Ia menjawab, “Demi Allah, belum terbakar.”

Mereka berkata, “Telah terbakar.”

Ia menjawab lagi, “Demi Allah, belum terbakar.”

Mereka lalu pergi menyaksikan api sedang melahap segalanya, namun api tiba-tiba berhenti tepat sebelum mengenai rumah Abu Darda. Herannya, Abu Darda masih saja duduk, tidak mau menyaksikan kejadian itu.

Mereka lalu bertanya kepadanya, “Apa yang mendorong Anda bersikeras mengatakan rumah Anda belum terbakar?”

Ia menjawab, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah mengajariku suatu doa. Apabila aku mengamalkannya maka aku tidak akan ditimpa suatu bahaya:

Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ‘ajzi walkasal, walbukhli waljubni, wa dal’iddayni wa ghalabatirrijaal.

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari rasa sedih dan duka, dari sikap lemah dan malas, dari sikap kikir dan pengecut, dan dari belitan hutang serta kekangan orang. (Sahih Bukhari (7/158))

Dalam kitab At-Tarbiyah Al-Jihadiyah Wal Bina disebutkan suatu riwayat, Abu Umamah bercerita,

Ketika itu aku sedang duduk di masjid. Rasulullah SAW bertanya kepadaku, “Ada apa gerangan wahai Abu Umamah?”

Aku menjawab, “Aku dalam kesulitan karena hutang wahai rasulullah.”

Nabi kemudian mengatakan kepadaku, “Berdoalah dengan kata-kata ini, “Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ‘ajzi walkasal, walbukhli waljubni, wa dal’iddayni wa ghalabatirrijaal.

Lalu aku berdoa kepada Allah. Allah pun menghapus masalahku dan melunasi hutangku.

====

Masya Allah…Semoga kita semua dihindarkan dari kesedihan dan duka dengan senantiasa mengamalkan doa yang diajarkan baginda rasulullah SAW. Aamiin…

Sumber:
Golden Stories Dari Orang Hebat Hingga Orang Biasa oleh Abdullah bin Abdurrahman. Penerbit: PT Aqwam Media Profetika, Solo, Cetakan I Juli 2020.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar