Info Prodi
Sabtu, 20 Apr 2024
  • 2 dari 8 Alasan Anak SMK & MAK Perlu Lanjut Kuliah di Prodi Teknik Elektro ITI: 1) Nggak perlu hebat dulu untuk bisa kuliah di sini, 2) Biaya kuliah bisa nyicil per bulan (bunga 0%).

Daftar Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Sekitar BSD, Tangerang Selatan, Banten

Selasa, 31 Januari 2023 Oleh : admin

Berikut ini sejumlah perguruan tinggi swasta (PTS) di sekitar BSD (Bumi Serpong Damai), Tangsel, Banten yang terbaik atau menjadi tempat favorit kuliah mahasiswa dari berbagai daerah. Daftar universitas swasta terbaik ini disusun berdasarkan peringkat yang dikeluarkan Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2020 lalu.

Namun sebelum menuju ke daftar tersebut, ada baiknya dikenalkan terlebih dulu mengenai BSD dan Kota Tangsel (Tangerang Selatan). Menurut situs Wikipedia, Bumi Serpong Damai (BSD) atau BSD City (IDX: BSDE) merupakan sebuah kota terencana di Indonesia yang berlokasi di Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan. Kota BSD ini berbatasan di sebelah timur dengan Sungai Cisadane dan di sebelah barat dengan Kecamatan Pagedangan dan Cisauk, Kabupaten Tangerang.

BSD City sendiri adalah sebuah kota satelit dari Jakarta yang sedari awal dimaksudkan sebagai kota mandiri, artinya semua fasilitas disediakan di kota itu, yang meliputi kawasan industri, perkantoran, perdagangan, pendidikan, wisata dan juga perumahan.

Baca juga: 8 Alasan Mengapa Anak SMK dan MAK Harus Kuliah di Teknik Elektro ITI

Adapun Kota Tangsel sendiri adalah sebuah kota baru yang terletak di Provinsi Banten. Kota ini berjarak 30 kilometer di sebelah barat Jakarta dan 90 kilometer di sebelah tenggara kota Serang yang menjadi ibukota Provinsi Banten. Suku aslinya ialah Suku Banten.

Menurut sejarahnya, pada tanggal 27 Desember 2006, DPRD Kabupaten Tangerang mengabulkan terbentuknya Kota Tangerang Selatan yang terdiri dari tujuh kecamatan, yaitu: Ciputat, Ciputat Timur, Pamulang, Pondok Aren, Serpong, Serpong Utara dan Setu. Kecamatan Ciputat selanjutnya ditetapkan sebagai pusat pemerintahan Kota Tangerang Selatan.

Pemerintah Kabupaten Tangerang saat itu mempersiapkan dana sejumlah 20 milyar rupiah untuk memproses terbentuknya Kota Tangerang Selatan. Dana itu diperuntukkan bagi biaya operasional kota baru selama satu tahun pertama. Dana ini juga menjadi modal awal bagi daerah induk yang berasal dari pemekaran suatu wilayah.

Selanjutnya, Menteri Dalam Negeri Indonesia, Mardiyanto, meresmikan pembentukan Kota Tangerang Selatan yang telah disetujui DPRD Kabupaten Tangerang sebelumnya di tahun 2006 itu. Peresmian tersebut dilakukan pada tanggal 29 Oktober 2008.

Kampus Universitas Swasta Terbaik di BSD, Tangsel

Berikut ini adalah daftar kampus universitas swasta (PTS) terbaik yang berada di sekitar BSD, Tangsel:

1.Institut Teknologi Indonesia (ITI)

Berlokasi di Jalan Raya Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Kampus ITI sendiri telah terakreditasi B.

Dalam rilis peringkat universitas swasta terbaik tahun 2020 lalu oleh Ditjen Dikti Kemdikbud RI, ITI menempati peringkat ke-7 di Jakarta atau LLDIKTI Wilayah 3. Hanya saja, tahun 2021 ini Dijen Dikti belum lagi merilis peringkat universitas terbaik di Jakarta hingga tulisan ini dibuat.

Institut Teknologi Indonesia (ITI) sendiri merupakan perguruan tinggi swasta di Tangerang Selatan yang dibentuk oleh Persatuan Insinyur Indonesia (PII) lewat Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia (YPTI) pada tanggal 1 Oktober 1984.

Baca juga: Jurusan Kuliah Boleh Buta Warna di ITI, Mulai dari Teknik Mesin, Teknik Sipil dan Lainnya

2. Universitas Bina Nusantara

Memiliki kampus di Alam Sutera, Tangerang yang berlokasi di Jl. Jalur Sutera Barat Kav. 21, Alam Sutera, Tangerang.

Dalam rilis peringkat universitas swasta terbaik tahun 2020 lalu oleh Ditjen Dikti Kemdikbud RI, Binus menempati peringkat ke-1 di Jakarta atau LLDIKTI Wilayah 3.

3. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta

Memiliki kampus di BSD yang berlokasi di Jalan Raya Cisauk, BSD City, Tangerang, Banten 15345.

Dalam rilis peringkat universitas swasta terbaik tahun 2020 lalu oleh Ditjen Dikti Kemdikbud RI, Atma Jaya menempati peringkat ke-5 di Jakarta atau LLDIKTI Wilayah 3.

4. Universitas Prasetya Mulya

Memiliki Kampus BSD yang beralamat di BSD City Kavling Edutown I.1, Jl. BSD Raya Utama, BSD City 15339.

Dalam rilis peringkat universitas swasta terbaik tahun 2020 lalu oleh Ditjen Dikti Kemdikbud RI, Prasetya Mulya menempati peringkat ke-26 di Jakarta atau LLDIKTI Wilayah 3.

Baca juga: Universitas Swasta Terbaik di Kota Tangerang Banten

Di samping universitas swasta terbaik tersebut, ada sejumlah perguruan tinggi swasta lainnya yang juga berada di area sekitar BSD, antara lain:

  1. Institut Teknologi Tangerang Selatan (ITTS)

Memiliki kampus yang beralamat di Komplek Komersial BSD Kav. 9, Jalan Raya Serpong, Lengkong Karya, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15331.

  1. Universitas Pamulang (Unpam)

Beralamat di Jalan Surya Kencana No.1, Kel. Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15417.

  1. Universitas Swiss German (SGU/Swiss German University)

Memiliki kampus di The Prominence Tower Alam Sutera, Jalan Jalur Sutera Barat, Nomer Kavling 15, RT 003/RW 006, Kel. Panunggangan Timur, Kecamatan Pinang, Banten 15143.

  1. International University Liaison Indonesia (IULI)

Gedung Associate Tower Intermark Indonesia, Jl. Lingkar Timur, Rawa Mekar Jaya, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan

  1. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banten

Memiliki kampus yang berlokasi sangat dekat dengan Stasiun KA Rawa Buntu, yaitu di Jalan Rawa Buntu Nomer 10 BSD – Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15318.

  1. Universitas BSI BSD

Berlokasi di BSD Sektor XIV Blok C1/1, Jl. Letnan Sutopo BSD Serpong Lengkong Gudang Timur, Rw. Mekar Jaya, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15311

Universitas Lainnya di Tangerang Selatan

Selain itu masih ada sejumlah perguruan tinggi swasta yang letaknya agak jauh dari BSD namun masih masuk ke dalam wilayah Kota Tangerang Selatan, antara lain:

  1. Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ)

Beralamat di Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

Dalam rilis peringkat universitas swasta terbaik tahun 2020 lalu oleh Ditjen Dikti Kemdikbud RI, Universitas Muhammadiyah Jakarta menempati peringkat ke-17 di Jakarta atau LLDIKTI Wilayah 3.

  1. Universitas Pembangunan Jaya (UPJ)

Berlokasi di Jl. Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413.

  1. Institut Ilmu Al Quran (IIQ)

Memiliki kampus di Jalan Ir. H. Juanda No.70, Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

  1. STIE Ahmad Dahlan

Kampus beralamat di Jalan Ir. H. Juanda No.77, Kel. Cireundeu, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

  1. Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid (STP Sahid)

Memiliki Kampus 2 di Jl. Kemiri Raya Nomer 22 Pondok Cabe, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15418.

  1. Universitas BSI Ciputat

Memiliki kampus di Jalan Ir. H. Juanda Nomer 39, Cemp. Putih, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15412.

  1. STIE Paripurna

Beralamat di Graha Raya Nomer 26, Jalan Kayu Gede 1 Nomer 2, Paku Jaya, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15220.

  1. AMIK Wahana Mandiri

Memiliki kampus di Jalan Pondok Cabe Raya Nomer 51, Pondok Cabe Udik, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15418.

  1. Akademi Pariwisata Nusantara (Akpar Nusantara)

Berlokasi di Jalan Legoso Raya Nomer 31, Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

  1. Akademi Refraksi Optisi dan Optometry (AROGAPOPIN)

Berlokasi di Jalan Raya Pondok Aren Bintaro Sektor IX No.108A, Pondok Aren, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15224.

Demikian semoga tulisan mengenai PTS terbaik di BSD, Tangsel ini bermanfaat bagi para pembaca yang budiman sekalian.

Sumber:
[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Bumi_Serpong_Damai
[2] https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_perguruan_tinggi_swasta_di_Banten
[3] https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Tangerang_Selatan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar