Info Prodi
Selasa, 23 Apr 2024
  • 2 dari 8 Alasan Anak SMK & MAK Perlu Lanjut Kuliah di Prodi Teknik Elektro ITI: 1) Nggak perlu hebat dulu untuk bisa kuliah di sini, 2) Biaya kuliah bisa nyicil per bulan (bunga 0%).

Sepeda Listrik “Elektron” Hasil Kolaborasi Mahasiswa HME & Alumni Teknik Elektro ITI

Sepeda listrik “Elektron” kolaborasi mahasiswa anggota Himpunan Mahasiswa Elektro dan para alumni Teknik Elektro Institut Teknologi Indonesia ikut pamer pada ajang IEMS (Indonesia Electric Motor Show) 2021 yang berlangsung pada 24 – 26 November 2021 di Kawasan Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan.

Organisasi Riset BPPT – dalam hal ini B2TKE (Balai Besar Teknologi Konversi Energi) – yang sekarang menyatu di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) adalah menjadi penyelenggaranya.

Pada event tersebut, Rektor ITI Dr. Ir. Marzan Aziz iskandar, IPU juga diundang menjadi salah satu pembicara dalam sebuah talk show mengenai kendaraan listrik. Pembicara lainnya adalah Ir. Suhandjojo (BRIN), Chayun Budiono (Dirut PT Gerbang Multindo Nusantara) dan Fitra Eri (Youtuber yang banyak mengulas kendaraan listrik).

Tema yang diangkat pada IEMS 2021 adalah Innovation for Better Future E-Mobility (Inovasi untuk Masa Depan Transportasi Elektrik yang Lebih Baik). IEMS sendiri adalah ajang yang diadakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk mendukung perkembangan dan inovasi kendaraan listrik beserta ekosistemnya. Event tahun ini adalah kali yang kedua setelah terakhir diadakan pada tahun 2019 lalu.

Seiring dengan rencana pemerintah menghentikan penjualan kendaraan konvensional roda dua (tahun 2040) dan roda empat (tahun 2050) maka pemerintah telah mempersiapkan ekosistem bagi kendaraan elektrik, yakni dengan dikeluarkannya Perpres No. 55 Tahun 2019 mengenai Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

BRIN sendiri menurut Kepalanya Dr. Ir. Laksana Tri Handoko akan memusatkan perhatian riset-risetnya pada 3 teknologi kunci eksosistem kendaraan listrik, yaitu teknologi motor, teknologi batere dan teknologi charging station.

Terakhir, mengenai sepeda listrik “Elektron” sendiri, berikut ini flyer yang berisikan spesifikasi teknis sepeda tersebut. Ada yang berminat memiliki? Silakan hubungi Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) ITI atau Ikatan Alumni Elektro (IAE) ITI.

Maju terus HME dan tetap berkarya!

Sumber foto dan berita:

  1. FB Institut Teknologi Indonesia
  2. Antaranews.com