Info Prodi
Minggu, 14 Jul 2024
  • 2 dari 8 Alasan Anak SMK & MAK Perlu Lanjut Kuliah di Prodi Teknik Elektro ITI: 1) Nggak perlu hebat dulu untuk bisa kuliah di sini, 2) Biaya kuliah bisa nyicil per bulan (bunga 0%).
8 Februari 2023

Mengenal Apa Itu Jurusan Teknik Industri dan Prospek Kerja Lulusan Teknik Industri

Rabu, 8 Februari 2023 Kategori : Tips Studi

Apa itu Teknik Industri dan bagaimana prospek kerja lulusannya? Bagi kalian yang tertarik kuliah di Jurusan / Program Studi Teknik Industri atau Industrial Engineering, kenali dulu A – Z atau seluk beluknya Teknik Industri berikut ini ya, gaes…

Pengertian Teknik Industri

Teknik industri merupakan bagian dari ilmu teknik yang mempelajari bidang desain, perbaikan, dan penggunaan dari sistem integral yang terdiri dari unsur-unsur manusia, bahan-bahan, informasi, peralatan serta energi. Secara lebih spesifik lagi, ia adalah pengetahuan dan ketrampilan dalam menggunakan ilmu matematika, fisika, serta ilmu-ilmu sosial ditambah dengan prinsip & metode dari analisis keteknikan & desain untuk mengkhususkan, memprediksi, serta mengevaluasi hasil yang akan didapatkan dari suatu sistem.

Yang menjadi bidang pekerjaan atau pembahasan dari teknik industri adalah sistem integral yang terbentuk dari manusia, material/bahan, informasi, peralatan, serta energi. Dasar-dasar keilmuan dari teknik industri sendiri adalah bersifat multidisiplin atau lintas bidang, hal ini disebabkan teknik industri tidak melulu bertumpu pada ilmu matematika atau fisika saja, namun juga ilmu sosial serta manajemen.

Mata Kuliah yang Dipelajari di Teknik Industri

Mata kuliah yang dipelajari di Teknik Industri menarik banget. Sebagai contoh sedikit aja, di sini diketengahkan beberapa mata kuliah yang ditawarkan di Teknik Industri Institut Teknologi Indonesia ya, gaes:

  • Analisis Finansial
  • Manajemen K3
  • Strategi Industri
  • Kapita Selekta Manajemen
  • Manajemen Proyek
  • Analisis Keputusan
  • Manajemen Kualitas

Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota serta Prospek Kerja Lulusan PWK

Kata / Istilah Kunci

Berikut ini sejumlah kata kunci atau istilah yang terkait erat dengan bidang teknik industri. Silakan cari tahu by googling ya maksud dari kata atau istilah berikut ini:

keselamatan kerja, produksi, revolusi industri, proses manufaktur, inovasi, teknologi, teknik elektro, mesin uap, James Watt, Frederick Winslow Taylor, The Wealth of Nations, Adam Smith, Thomas Malthus, David Ricardo, John Stuart Mill, Henry R Towne, CPM (Critical Path Mapping), Frank Bunker Gilbreth, Dr. Lillian M. Gilbreth, Statistik, teknik mesin, Charles Babbage, Henry Gantt, produktivitas, ergonomi, manajemen keuangan, teknik kimia, manajemen sumber daya manusia, tenaga kerja, bahan baku, informasi, bisnis, infrastruktur, operational research, stasiun kerja, organisasi dan sumber daya.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Industri

Bagaimana dengan prospek kerja atau karir bagi lulusan Teknik Industri? Banyak sekali bidang yang dimasuki lulusan Teknik Industri ini. Untuk lebih jelasnya silakan disimak video berikut ini yang menjelaskan sekilas tentang Industrial Engineering (Teknik Industri) dan bidang kerja yang bisa dimasuki lulusan tersebut. Video diambil dari kanal Youtube University at Buffalo, AS.

Nah, dari video itu jelas khan ya, pekerjaan yang bisa dimasuki lulusan teknik industri. Nantinya kamu bisa bekerja di bidang angkasa luar seperti lembaga NASA, industri makanan seperti coklat, pabrik pesawat terbang seperti Lockheed Martin, rumah sakit, taman hiburan seperti Disney, bandar udara, perusahaan logistik, industri mobil, militer, konsultan, lembaga pemerintah, industri alat kesehatan dan banyak lagi bidang industri atau manufaktur lainnya.

Demikianlah sekilas pengenalan mengenai Jurusan Teknik Industri. Semoga bermanfaat ya, gaes…

Sumber:
[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_industri
[2] https://industri.iti.ac.id/
[3] University at Buffalo Channel di Youtube

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar