Info Prodi
Minggu, 14 Jul 2024
  • 2 dari 8 Alasan Anak SMK & MAK Perlu Lanjut Kuliah di Prodi Teknik Elektro ITI: 1) Nggak perlu hebat dulu untuk bisa kuliah di sini, 2) Biaya kuliah bisa nyicil per bulan (bunga 0%).
8 Februari 2023

Mengenal Apa Itu Perencanaan Wilayah dan Kota serta Prospek Kerja Lulusan Jurusan PWK

Rabu, 8 Februari 2023 Kategori : Tips Studi

Apa itu Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) dan apa prospek kerjanya? Apakah kalian sedang browsing-browsing jurusan kuliah & tertarik dengan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK)? Kuy, kita cek dulu apa sih Perencanaan Wilayah dan Kota itu ya, gaes…

Definisi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK)

Menurut Wikipedia, Perencanaan Wilayah dan Kota ialah perencanaan tata ruang kota yang meliputi segenap sisi kehidupan masyarakat. Pendekatan yang biasa dilakukan dalam perencanaan kota adalah mewujudkan gambaran pola lingkungan fisik yang ada serta kaitan ruang kota dengan fungsinya yang saling berhubungan. Pelaksanaan perencanaan kota ini bisa men-support pembangunan berkelanjutan dalam aspek sosial, ekonomi, serta lingkungan hidup[1].

Masih menurut Wikipedia, perencanaan perkotaan bersinggungan dengan lingkungan binaan dilihat dari perspektif munisipal & metropolitan. Profesi insinyur lainnya yang mengurusi detail yang lebih kecil antara lain arsitek dan desainer urban / perkotaan. Perencanaan wilayah berkaitan dengan lingkungan yang masih lumayan besar, pada tingkatan yang kurang mendetail.

Sejarah dan Fungsi Perencanaan Wilayah dan Kota

Tokoh asal Mesir bernama Hippodamus sering dianggap sebagai Bapak Perencanaan Kota, yakni dikenal dengan desainnya Miletus. Orang-orang Muslim diperkirakan menjadi asal muasal ide penzonaan resmi (lihat haram dan hima dan lebih umum khalifa), atau stewardship di mana mereka timbul, meskipun penggunaan modern di Barat dimulai dari ide Congres Internationaux d’Architecture Moderne. Perencanaan kota mencakup pengorganisasian, atau mempengaruhi, distribusi pemanfaatan tanah dalam wilayah yang telah dibuat atau dimaksudkan untuk dibuat[1].

Menurut Wikipedia, perencanaan perkotaan berfungsi mengendalikan perubahan di dalam kota yang terjadi secara kontinu. Kota senantiasa mengalami perubahan sosial, politik, budaya serta perubahan ekonomi. Perubahan-perubahan yang terjadi senantiasa berhubungan dengan unsur ruang, kepentingan publik, serta keputusan dalam merespons perubahan. Oleh karena itu, perencanaan kota bisa menentukan perkembangan & pertumbuhan suatu kota.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Jurusan Teknik Arsitektur dan Prospek Kerja Lulusan Teknik Arsitektur

Perencanaan kota juga bisa mewujudkan taraf hidup yang layak bagi masyarakat dengan menciptakan kondisi kerja yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat. Ia juga bisa membantu proses globalisasi dengan tetap mempertahankan warisan budaya yang beragam. Di samping itu, perencanaan kota juga bisa membantu memenuhi kebutuhan yang berbeda-beda dari bermacam kelompok[1].

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

Mata kuliah yang akan kamu peroleh di Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota disesuaikan dengan visi, misi dan tujuan yang berbeda-beda dari tiap perguruan tinggi penyelenggara. Sebagai contoh, diambil dari misi Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Institut Teknologi Indonesia, yang hendak melaksanakan:

a. proses pendidikan yang berusaha mewujudkan ruang yang berperikehidupan melalui dua Kelompok Bidang Keilmuan (KBK), yakni KBK Sistem Keruangan & Infrastruktur serta KBK Permukiman & Pengembangan Kawasan Tertentu (Tematik) dengan berbasis komunitas.

b. penelitian inovatif dalam bidang penataan ruang yang berhubungan dengan persoalan pinggiran kota (peri-urban) serta pengembangan kawasan tertentu (tematik).

c. kegiatan pengabdian & pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengelola ruang serta membangun kualitas lingkungan yang berperikehidupan.

Maka mata kuliah-mata kuliah yang ditawarkan antara lain adalah sebagai berikut ini, gaes[2]:

  1. Mata kuliah studio, antara lain:
  • Pengantar Proses Perencanaan
  • Studio Integral Komunitas
  • Pengantar Perencanaan Kota
  • Perencanaan Kota
  • Perencanaan Lingkungan Perumahan
  • Perencanaan Wilayah
  • Perencanaan Tapak
  • Studio Perencanaan (Kewirausahaan Lanjut)
  1. Mata kuliah pilihan yang sangat menarik, seperti:
  • Lokalitas & Hak Bermukim
  • Studi Tata & Dampak Investasi
  • Pengembangan Kawasan Industri
  • Permodelan Spesial

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK)

Berikutnya adalah mengenai prospek kerja & karir bagi lulusan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK). Untuk lebih jelasnya, kuy disimak video di bawah ini yang menceritakan kehidupan atau pekerjaaan seorang ahli perencana kota. Video diambil dari kanal Youtube Student Edge[3]:

Dari video di atas, disampaikan ada 3 kemampuan dasar yang mesti dimiliki seorang ahli perencanaan wilayah dan kota, ya gaes, yakni:

a. Mempunyai visi atau ide seperti apa suatu kota akan terlihat

b. Mampu menjadi pendengar yang baik, terutama memahami apa yang dirasakan penduduk mengenai area / kota tempat tinggal mereka

c. Memiliki passion atas pekerjaan yang digeluti sebagai perencana, karena mungkin saja kota yang dirancang baru akan terwujud 5 – 10 tahun ke depan sehingga perlu bersabar

Trend Perencanaan Wilayah dan Kota di Masa Depan

Menurut situs watg.com[4], terdapat sejumlah trend perencanaan kota masa depan yang patut diperhatikan, khususnya bagi para ahli di bidang perencanaan wilayah dan kota:

  1. Berkembangnya pemanfaatan zoning campuran yang membuat area perkotaan menjadi lebih hidup dibandingkan dengan penerapan single-use zoning. Contohnya adalah seperti Kota Houston di AS.
  2. Membangun ikatan yang lebih kuat antara kesehatan mental manusia dengan lingkungan hidupnya, termasuk wilayah kota tempat tinggal mereka.
  3. Meningkatnya perhatian dan apresiasi terhadap pentingnya ruang terbuka maupun fleksibilitas penggunaan ruang lainnya di rumah.
  4. Meningkatnya aktivitas di luar ruangan seiring meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan mental dan fisik manusia selanjutnya berdampak pada bagaimana membuat penggunaan ruang publik mesti lebih fleksibel.
  5. Berkurangnya penggunaan transportasi umum dan meningkatnya penggunaan transportasi yang lebih pribadi namun ramah lingkungan seperti sepeda, juga berdampak pada penekanan lebih besar pada desain manusia dan lingkungannya, bukan pada kendaraan bermesin.
  6. Meningkatnya pengalaman berlibur domestik atau bahkan lokal serta semakin berkembangnya konsep perkotaan yang lebih berkelanjutan secara lingkungan, ekonomi maupun sosial (eco-cities).

Demikianlah sedikit mengenai pengenalan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota. Semoga bermanfaat untuk semua ya, gaes….

Sumber:

[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Perencanaan_perkotaan
[2] https://pwk.iti.ac.id/ (Website Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota ITI)
[3] Student Edge Channel di Youtube
[4] https://www.watg.com/what-will-our-cities-look-like-in-2022-planners-and-landscape-architects-share-6-trends-shaping-the-future/

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar