Info Prodi
Senin, 27 Mei 2024
  • 2 dari 8 Alasan Anak SMK & MAK Perlu Lanjut Kuliah di Prodi Teknik Elektro ITI: 1) Nggak perlu hebat dulu untuk bisa kuliah di sini, 2) Biaya kuliah bisa nyicil per bulan (bunga 0%).
7 Januari 2024

11 Dampak Negatif Perkembangan AI di Bidang Sosial

Minggu, 7 Januari 2024 Kategori : Artikel Ilmiah

Para ahli di bidang Artificial Intelligence (AI) yang berjumlah 1345 orang memberikan penilaian atas skenario mengenai 11 dampak negatif AI di bidang sosial dan kemasyarakatan dalam sebuah penelitian di akhir tahun 2023 kemarin.

Penelitian mengenai dampak negatif AI / Kecerdasan Buatan beserta prediksi masa depan perkembangan sistem dan teknologi Artificial Intelligence tersebut dilakukan oleh Katja Grace dkk dengan judul “Thousands of AI Authors on the Future of AI“[1].

Berikut ini adalah sejumlah dampak negatif perkembangan AI, terutama di bidang sosial kemasyarakatan menurut para ahli di bidang Kecerdasan Buatan.

Diurutkan mulai dari persentase terbesar di antara para ahli AI yang memilih 11 dampak negatif AI berikut ini:

  1. AI mempermudah penyebaran informasi yang keliru. Contohnya: deepfake (86% ahli menyatakan hal ini)
  2. Sistem AI dapat memanipulasi tren opini publik dalam skala yang masif (79% ahli)
  3. AI dapat memudahkan kelompok yang berbahaya dalam menciptakan tools yang berbahaya. Contohnya: virus (73% ahli)
  4. AI dapat dimanfaatkan pemerintahan yang otoriter untuk mengontrol penduduknya (73% ahli)
  5. Sistem AI dapat memperburuk ketimpangan ekonomi (71% ahli)
  6. Adanya bias dalam sistem AI dapat memperburuk situasi yang sudah tidak adil. Contohnya: diskriminasi ras dalam proses perekrutan pegawai (60-an %)
  7. Sistem AI yang tujuan-tujuannya tidak diprogram dengan benar, dapat menyebabkan bencana. Contohnya: pemakaian AI dalam sistem senjata yang mematikan (40-an %)
  8. Interaksi di antara manusia menjadi berkurang karena lebih banyak waktu dihabiskan untuk berinteraksi dengan AI (40-an %)
  9. Otomatisasi pekerjaan yang hampir mendekati 100% akan membuat banyak orang kehilangan pekerjaan atau berkurang kemampuan ekonominya (40-an %)
  10. Sistem AI dengan tujuan-tujuan yang keliru akan menjadi semakin berkuasa dan mengurangi peran manusia dalam mengambil keputusan (40-an %)
  11. Otomatisasi pekerjaan yang hampir mendekati 100% akan membuat banyak orang kesulitan mencari arti dari hidup mereka (30-an %)

Demikianlah penjelasan singkat mengenai dampak negatif perkembangan sistem dan teknologi AI di bidang sosial budaya dan kemasyarakatan. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca yang budiman sekalian.

Sumber:
[1] https://aiimpacts.org/wp-content/uploads/2023/04/Thousands_of_AI_authors_on_the_future_of_AI.pdf

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar