Info Prodi
Rabu, 22 Mar 2023
  • Teknik Elektro Institut Teknologi Indonesia terakreditasi B oleh BAN PT. Lokasi kampus di dekat BSD, Tangerang Selatan, Banten. Teknik Elektro ITI berada di bawah LLDIKTI III Jakarta.
12 Februari 2023

YouChat dari You.com, Chatbot AI Gratis Berbasis ChatGPT 3.5 OpenAI

Minggu, 12 Februari 2023 Kategori : Tips Teknologi

Mencari alternatif ChatGPT atau new Bing CahtGPT? Silakan coba YouChat, chatbot AI gratis dari You.Com yang berbasis GPT-3.5 dari You.Com. Tulisan ini membahas mengenai YouChat dan cara-cara menggunakannya.

Apa itu Youchat? YouChat adalah chatbot yang bekerja seperti halnya ChatGPT. YouChat tersedia di mesin pencari You.com yang berfungsi merespons percakapan atau menghasilkan jawaban atas pertanyaan pengunjung. Jawaban atau respons yang diberikan adalah dengan cara merangkumnya dari web disertai dengan menampilkan sejumlah link referensinya dari web.

YouChat merupakan chatbot gratis yang ditenagai oleh GPT-3.5 dari OpenAI, sebuah mesin chatbot yang mampu merespons percakapan layaknya manusia secara alami. Seperti kita tahu, ChatGPT yang gratis masih menggunakan versi ChatGPT 3, kecuali ChatGPT berbayar yang sudah menggunakan ChatGPT 3.5.

Sejarah You.com

Wikipedia [1] mencatat bahwa Google search dimanfaatkan oleh You.com untuk melakukan penelusuran secara umum. Sedangkan untuk penelusuran secara khusus, You.com memberdayakan mesin pencari Microsoft Bing. Adapula add-on yang disediakan You.com untuk di-install ke peramban (browser) Microsoft Edge secara gratis.

Menurut pihak You.com, mereka tidak menyimpan IP address dari pengunjung serta tidak pula mengumpulkan data mereka untuk kepentingan pemasang iklan tertarget. Bagi sebagian orang, hal ini menjadi daya tarik tersendiri yang cukup besar yang menghindari munculnya iklan-iklan pada hasil penelusuran mereka.

Mesin pencari (search engine) terbaru ini dihadirkan oleh Bryan McCann & Richard Socher yang pernah bekerja untuk perusahaan Salesforce. Mereka berhasil mendapatkan guyuran investasi dari Marc Benioff (pendiri Salesforce) sebesar 20 juta dolar.

You.com versi public beta telah diluncurkan ke publik tanggal 9 November 2021 kemarin. Mesin penelusur ini ditargetkan oleh pendirinya untuk menyaingi Google sang penguasa pasar mesin penelusur. Sedangkan Youchat yang berbasis GPT (Generative Pre-trained Transformer) diluncurkan pada bulan Desember 2022

Bagaimana Cara Menggunakan YouChat AI Tool?

Berikut ini langkah-langkah memulai percakapan atau mengetikkan pertanyaan ke chatbot dari YouChat AI Tool :

  1. Buka browser, lalu ketikkan: you.com.

Setelah terbuka maka muncul halaman depan You.com seperti ini (screenshot diambil dari laptop):

  1. Pilih/klik menu YouChat berwarna biru di bagian tengah halaman atau bagian atas halaman, maka berikutnya akan tampil halaman seperti ini:
  1. Lalu ketikkan pertanyaan atau mulai percakapan, misalkan:
    “Buatkan outline tulisan mengenai penerapan teknologi 5G di Indonesia”

Maka akan muncul hasilnya seperti ini:

Jawaban yang diberikan Youchat biasanya disertai link referensi di bagian bawah sebanyak 5 link dan di samping kanan ada 10 link.

Namun perlu diperhatikan ya, gaes…Gunakan YouChat ini dengan bijak, hindari copy-paste jawaban / respons YouChat untuk tugas-tugas sekolah atau kampus kalian ya, atau juga di web / blog kalian…

Jika tidak, kalian bisa terkena tuduhan plagiarisme (menjiplak), atau tugas kalian bisa didiskualifikasi oleh guru / dosen kalian, atau blog / web kalian bisa terkena penalti oleh Google.

Gunakan tool ini hanya sekedar untuk mencari ide / brainstorming dan modifikasilah respons dari YouChat sedemikian rupa sehingga menjadi karya orisinil kalian sendiri.

Ok gaes, selamat bermain-main dengan YouChat ya. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber tulisan:
[1] https://en.wikipedia.org/wiki/You.com

Sumber thumbnail:
Dihasilkan menggunakan YouImagine

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar