Info Prodi
Minggu, 14 Jul 2024
  • 2 dari 8 Alasan Anak SMK & MAK Perlu Lanjut Kuliah di Prodi Teknik Elektro ITI: 1) Nggak perlu hebat dulu untuk bisa kuliah di sini, 2) Biaya kuliah bisa nyicil per bulan (bunga 0%).
16 Juni 2024

11 Dampak Positif AI di Bidang Pendidikan

Minggu, 16 Juni 2024 Kategori : Artikel Ilmiah

Pernahkah kita berpikir bagaimana teknologi bisa membantu siswa belajar lebih efektif dan kreatif? Nah, dengan perkembangan yang pesat di bidang kecerdasan buatan (AI), hal ini bukan lagi mimpi belaka.

AI sudah mulai memainkan peran besar dalam pendidikan, memberikan dukungan positif yang signifikan bagi siswa dalam banyak aspek. Mari kita eksplorasi bagaimana AI memberikan 11 dampak positif di bidang pendidikan, khususnya bagi para siswa.

DAMPAK POSITIF AI DI BIDANG PENDIDIKAN

  1. Support for Autonomous Learning

AI memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri dan menyesuaikan kecepatan pembelajaran mereka. Dengan aplikasi dan platform berbasis AI, siswa bisa mengakses materi pelajaran kapan saja dan di mana saja.

Ini berarti mereka tidak lagi terbatas pada jadwal kelas yang kaku. Bayangkan betapa hebatnya jika siswa bisa mengulang pelajaran yang sulit hingga benar-benar paham, tanpa merasa terburu-buru atau merasa tertinggal.

  1. Digital and Artificial Tutoring

Tutor AI dapat membantu menjelaskan konsep-konsep yang rumit dengan cara yang mudah dipahami. Tutor digital ini bisa memberikan umpan balik langsung, menjawab pertanyaan siswa, dan menawarkan penjelasan tambahan jika diperlukan.

Dengan begitu, siswa tidak perlu menunggu sesi bimbingan belajar atau menunggu guru menjawab pertanyaan mereka. Mereka memiliki “guru” yang selalu siap membantu kapan saja.

  1. Assistant in Literature Search

Ketika siswa harus mencari referensi untuk tugas atau proyek, AI bisa sangat membantu. Asisten AI dapat mencari literatur yang relevan dengan cepat, menyaring informasi yang tidak diperlukan, dan memberikan ringkasan dari artikel atau buku.

Hal ini sangat berguna untuk menghemat waktu dan memastikan siswa mendapatkan informasi yang tepat dan berkualitas.

  1. Creative Thinking Support

AI juga bisa membantu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Dengan alat-alat berbasis AI, siswa bisa melakukan brainstorming (bertukar gagasan) dan mengeksplorasi ide-ide baru.

Misalnya, aplikasi AI dapat memberikan saran dan inspirasi untuk proyek seni, tulisan kreatif, atau desain. Ini mendorong siswa untuk berpikir di luar kotak (out of the box) dan mengembangkan imajinasi mereka.

  1. Writing Support

Menulis bisa menjadi tantangan besar bagi banyak siswa, terutama dalam hal struktur dan grammar (tata bahasa). Alat bantu penulisan berbasis AI, seperti Grammarly, bisa membantu siswa memperbaiki kesalahan tata bahasa, ejaan, dan gaya penulisan. Selain itu, AI juga dapat memberikan saran untuk memperjelas argumen atau meningkatkan alur tulisan, sehingga siswa bisa menghasilkan karya tulis yang lebih baik.

  1. Reading Support

Untuk siswa yang memiliki kesulitan membaca atau memahami teks yang kompleks, AI bisa menjadi penyelamat. Aplikasi membaca berbasis AI dapat menyederhanakan teks, menjelaskan kata-kata yang sulit, dan bahkan membaca teks dengan suara.

Hal ini membantu siswa mengatasi hambatan membaca dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi.

  1. Enhancing Personal Coursework and Non-Coursework

AI bisa membantu siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah maupun proyek pribadi. Dengan adanya asisten virtual, siswa bisa mendapatkan bantuan dalam menyusun jadwal belajar, mengorganisir materi, dan bahkan mendapatkan rekomendasi sumber belajar tambahan.

Hal ini tidak hanya membantu dalam tugas sekolah, tetapi juga dalam proyek atau minat pribadi yang mereka kejar di luar kurikulum.

  1. Brainstorming and Role Playing

Dalam kegiatan pembelajaran, brainstorming (menggali/bertukar gagasan) dan role playing (bermain peran) adalah metode yang efektif untuk mengembangkan pemikiran kritis dan pemahaman mendalam.

AI dapat menyediakan skenario untuk role playing atau ide-ide untuk brainstorming, yang membantu siswa terlibat lebih aktif dalam pembelajaran dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka.

  1. Exploring New Subjects

AI membuka peluang bagi siswa untuk mengeksplorasi mata pelajaran baru yang mungkin tidak tersedia di sekolah mereka. Dengan kursus online yang dipersonalisasi dan direkomendasikan oleh AI, siswa bisa belajar topik yang mereka minati.

Mulai dari coding, desain grafis, hingga musik digital. Hal ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan keterampilan baru dan menemukan passion mereka.

  1. As a Peer in a Peer-to-Peer Learning Context

Dalam konteks pembelajaran sebaya, AI bisa berfungsi sebagai “teman” belajar. AI dapat memberikan umpan balik konstruktif, berbagi sumber daya, dan bahkan berpartisipasi dalam diskusi, seolah-olah mereka adalah teman sekelas.

Hal ini menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif dan suportif, di mana siswa bisa belajar dari satu sama lain dengan bantuan AI.

  1. Automating Repetitive Tasks

Terakhir, AI dapat mengotomatisasi tugas-tugas berulang yang sering membosankan bagi siswa, seperti mencatat atau mengorganisir catatan. Dengan demikian, siswa bisa lebih fokus pada kegiatan belajar yang lebih bermakna dan kreatif.

Hal ini bukan hanya akan menghemat waktu, tetapi juga akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas belajar mereka.

KESIMPULAN

Dampak positif AI (kecerdasan buatan) pada pendidikan sangatlah luas dan mendalam. Dengan mendukung pembelajaran mandiri, menyediakan tutor digital, membantu dalam pencarian literatur dan banyak lagi, AI memberdayakan siswa untuk mencapai potensi penuh mereka.

Dengan memanfaatkan teknologi AI ini secara bijak, kita akan dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif, efisien, dan inspiratif bagi generasi mendatang.

Referensi:
Khan, N. et al. (2024). Global insights and the impact of generative AI-ChatGPT on multidisciplinary: a systematic review and bibliometric analysis. From: https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/09540091.2024.2353630

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar