mengenal_apa_itu_zoom_fatigue
29 Jan 2021

Zoom Fatigue: Kelelahan Akibat Terlalu Banyak Zoom Meeting

Beritahu teman

>>>
Apa itu Zoom Fatigue? Zoom fatigue adalah kelelahan akibat terlalu banyak melakukan pertemuan melalui aplikasi konferensi video Zoom.

Secara umum Kelelahan didefinisikan sebagai suatu kondisi yang memiliki tanda-tanda: kapasitas melakukan pekerjaan menjadi berkurang, prestasi kerja pun selanjutnya menurun. Hal ini biasanya dibarengi perasaan letih & lemah.

Kelelahan bisa saja bersifat akut & datang tiba-tiba atau kronis serta bertahan. Adapun menurut sumber lainnya, kelelahan adalah suatu kondisi pada tubuh manusia di mana tubuh merasa lelah secara alami, seringkali terjadi setelah latihan fisik atau mental/psikologis yang berat.

Orang seringkali merasakan kelelahan setelah berolah raga yang agak lama. Ini muncul akibat seluruh anggota badan bergerak, sehingga anggota badan mungkin terasa sakit serta tidak ingin meneruskan aktivitas olah raga.

Menurut hemat penulis, Zoom fatigue ini tidak bisa dilepaskan keterkaitannya dengan Pandemic fatigue atau Covid fatigue. Yakni akumulasi kelelahan akibat adanya pandemi Covid-19.

Keharusan bekerja dari rumah (WFH), belajar dari rumah (online learning) serta menerapkan protokol kesehatan secara konsisten dapat menimbulkan Pandemic fatigue. Khususnya, terlalu bannyak melakukan Zoom meeting pun berakibat pada timbulnya Zoom fatigue.

Menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), kecemasan karena tidak adanya kepastian kapan pandemi Covid-19 akan berakhir (Pandemic fatigue) adalah suatu hal yang wajar.

Sehingga dalam konteks meminimalisir Zoom fatigue, perlu meminimalisir Pandemic fatigue yang menimpa seseorang terlebih dulu jika memang terjadi. Setelah itu barulah dilakukan cara-cara menghilangkan Zoom fatigue.

Berikut ini adalah video beberapa kiat untuk menghilangkan Zoom fatigue dari Jenna Newton, LMSW seorang konselor Layanan Psikologi dan Konseling di University of Michigan-Flint, USA:

 

 

Tips atau kiat mengatasi Zoom fatigue (Jenna Newton, LMSW):

1. Agendakan suatu hari tanpa Zoom Meeting. Hal ini logis karena Zoom meeting yang terlalu banyak terbukti mengakibatkan Zoom fatigue. Maka say no to Zoom meeting sekali seminggu atau dua kali seminggu atau bahkan lebih adalah hal yang normal.

Dengan begitu, orang pun akan menghargai sikap kita dan akan memakluminya. Terlebih lagi jika Zoom meeting itu bukan sesuatu yang urgen.

2. Hemat energi kita dengan cara Jangan melakukan banyak pekerjaan pada saat yang sama ketika kita melakukan Zoom meeting yang bisa berakibat Zoom fatigue.

Seringkali 2 atau 3 bahkan lebih Zoom meeting pada saat yang sama di beberapa gadget sekaligus dianggap wajar. Namun hal itu ternyata akan banyak menguras energi kita sehingga timbullah Zoom fatigue.

Persiapkan diri untuk suatu Zoom meeting sehingga dapat fokus selama pertemuan. Dengan begitu, Zoom meeting bisa berakhir secara on time bahkan lebih cepat.

3. Lakukan olahraga ringan, tarik nafas dalam-dalam atau berjalan-jalanlah dahulu sebelum melakukan Zoom meeting.

Mudah-mudahan tips atau kiat mengatasi Zoom fatigue di atas bisa membantu Anda menghindari Zoom fatigue.

 

Sumber:

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Kelelahan

2. https://id.wikipedia.org/wiki/Kelelahan_akan_pandemi

3. Video:
How to Manage Zoom Meetings: https://www.youtube.com/watch?v=vLAoGzQqKQY
(University of Michigan-Flint Channel di Youtube)

Tinggalkan Balasan