Spanduk TBEU Expo Kampus ITI 2019 BSD Tangsel Banten
15 Nov 2019

Yuk Intip Alat Karya Mahasiswa Prodi Teknik Elektro di TBEU Expo 2019

Beritahu teman

>>>
Dalam ajang TBEU Expo 2019 pada hari Kamis 14 November 2019 lalu di kampus ITI, BSD, Serpong, Prodi Teknik Elektro menampilkan 7 alat karya mahasiswanya. Ketujuh alat itu adalah:

1. WASPLANT
2. Flood Detector
3. PENTEK
4. iPower
5. NUKS The Security of Birdcage
6. BAL’S
7. A Room Innovation

(Baca juga: Partisipasi Prodi Teknik Elektro di TBEU Expo 2019)

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai ketujuh alat tersebut.

 

1. WASPLANT

 

Wasplant Alat Penyiram Tanaman Otomatis Berbasis Internet IoT

 

WASPLANT adalah sebuah teknologi penyiram tanaman otomatis berbasis IoT. Alat ini dapat disetel untuk menyiram tanaman di pagi & sore hari. Di samping itu, ia juga memiliki fungsi dapat memonitor kelembaban tanah lewat aplikasi Android di smartphone pengguna.

 

2. Flood Detector

 

Flood Detector Alat Pemberi Peringatan Dini Bahaya Banjir Berbasis IoT

 

Alat ini mampu mendeteksi ketinggian air dan memiliki fungsi utama mengeluarkan peringatan jika muncul potensi bahaya banjir.
Fitur-fitur alat ini antara lain: mengeluarkan peringatan dini melalui alarm, mengirimkan notifikasi melalui handphone, menggunakan sumber tenaga surya dan menghasilkan informasi berupa ketinggian air.

 

3. PENTEK

 

Pentek Alat Pengaman Pintu Berbasis IoT dan RFID

 

PENTEK adalah alat pengaman pintu yang menggunakan dua akses teknologi: RFID dan IoT. Alat ini dibekali dengan fitur keamanan berupa: notifikasi via email dan alarm, kemudahan akses via aplikasi IoT di smartphone Android dan kemudahan akses menggunakan ID card.

 

4. iPower

 

iPower Alat Kontrol Tagihan Listrik Berbasis IoT

 

iPower adalah sebuah inovasi dalam monitoring penggunaan listrik dan biaya tagihannya. Data konsumsi listrik dan biaya tagihannya ditampilkan secara real time.
Cara penggunaan iPower adalah dengan menghubungkannya ke stop kontak. Lalu smartphone pengguna didaftarkan ke platform dan akan diberikan serial code. Setelah itu sistem akan memvalidasi dan selanjutnya pengguna dapat mengontrol penggunaan listrik beserta tagihannya dengan nyaman melalui smartphone.

 

5. NUKS The Security of Birdcage

 

Nuks Alat Pengaman Sangkar Burung Berbasis IoT

 

Alat pengaman sangkar burung ini telah berbasis IoT. Banyaknya keluhan masyarakat yang kehilangan sangkar burung akibat dicuri, melahirkan inovasi NUKS ini.
Lewat sebuah aplikasi Android pada smartphone, pengguna/pecinta burung sekarang dapat tidur nyenyak tanpa harus khawatir pencurian terhadap sangkar burung mereka lagi.
Sebagai informasi, alat ini telah memenangi Hibah Kompetisi Bisnis Indonesia 2019 yang diberikan oleh Kemenristekdikti.
(Baca juga: Prodi Teknik Elektro ITI Memenangi Hibah KBMI 2019)

 

6. BAL’S Alat Pengontrol Volume Sampah berbasis IoT

 

Bals Alat Kontrol Volume Sampah Berbasis IoT Smart City

 

Alat yang termasuk kategori aplikasi smart city ini dapat mengontrol volume sampah rumah tangga atau di tempat-tempat umum. Tempat sampah pintar ini dibuat menggunakan node MCU dan sensor ultrasonik. Informasi volume sampah dapat dilihat lewat aplikasi di smartphone pengguna.

 

7. A Room Innovation

 

A Room Innovation Alat Kontrol Perangkat Listrik Rumah Smart Home Berbasis IoT

 

Alat yang termasuk kategori aplikasi smart home ini bisa mengendalikan sejumlah perangkat elektronis di dalam ruangan, seperti lampu, AC, exhaust fan dan lain sebagainya. Cukup dikendalikan melalui sebuah smartphone oleh pengguna di mana pun ia berada.

 

Demi mendukung penampilan para mahasiswanya di ajang TBEU Expo 2019 ini, para pembimbing dan sejumlah dosen lainnya menyempatkan diri hadir ke stand mereka.
Berikut ini sejumlah momen wefie dosen-mahasiswa-supporter mahasiswa di acara tersebut.

 

Dosen Bu Tita-mahasiswa TBEU Expo 2019

 

Dosen Bu Novy dan Bu Sri-mahasiswa TBEU Expo 2019

 

Saya Adi dan tim Nuks

 

Supporter Mahasiswa 1

 

Supporter Mahasiswa 2

 

Supporter Mahasiswa 3

Tinggalkan Balasan