ITI Tangsel Banten Juara 4 TTG Nasional2019 di Bengkulu
30 Sep 2019

Wakil Banten / Prodi Teknik Elektro ITI Raih Juara Harapan I dalam TTG Nasional XXI 2019 di Bengkulu

Beritahu teman

>>>
Sebagai puncak dari rentetan prestasi mulai tingkat Tangerang Selatan hingga Banten, alhamdulillah akhirnya civitas akademika Prodi Teknik Elektro ITI yang mewakili Provinsi Banten berhasil meraih Juara Harapan I Nasional. Prestasi ini diraih dalam Gelar TTG Nasional XXI di Bengkulu 25 September 2019 lalu.

Mereka yang mengharumkan nama Prodi Teknik Elektro ITI itu adalah Budi Agasi dan Deny Maulana dengan pembimbing Novy Hapsari, ST, M.Sc dan Dr. Tris Dewi Indraswati, MT, serta dosen Prodi TIP Ir. Moch. Haifan, M.Agr. Alat inovasi mereka yakni Sistem Timbang Ternak Otomatis berhasil menang dalam kategori Lomba TTG Unggulan.

Di samping itu, Banten juga berhasil meraih Juara III dalam kategori Stand Terbaik. Berikut ini adalah berita dan hasil lengkap yang dimuat di website Pemprov Bengkulu:

Bengkuluprov – Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna (GTTG) XXI 2019 berakhir. Provinsi Bengkulu menyabet penghargaan sebagai salah satu pemenang dari dua kategori, yaitu TTG Unggulan dan Stand Terbaik.

Hal ini tentu menjadi kebanggaan, dan sesuai ekspektasi yang diharapkan. Tahun lalu, pada Temu Karya Nasional GTTG XX di Bali Bengkulu pun raih penghargaan sebagai juara 3 kategori stand terbaik, dan juara 2 kategori alat Teknologi Tepat Guna unggulan terbaik dengan nama alat “Mesin Roasting Kopi”.

“Alhamdulillah, Bengkulu berhasil meraih juara, apalagi kita sebagai tuan rumah pada gelaran GTTG XXI tahun ini. Semoga di GTTG selanjutnya, kita dapat kembali juara dengan raihan meningkat,” terang Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Yuliswani yang mewakili Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pada penutupan GTTG XXI Tahun 2019 di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu, Rabu (25/9).

Lebih lanjut, Yulis juga menyampaikan rasa terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh peserta yang telah hadir serta turut mensukseskan GTTG. Menurutnya, momentum nasional ini sebagai ajang dalam menjalin silaturahmi, berbagi ilmu pengetahuan, kerjasama bidang teknologi, serta untuk memberikan motivasi dalam menghasilkan inovasi.

“Apresiasi yang luar biasa kami sampaikan untuk peserta dari seluruh Indonesia & tak lupa bagi panitia dari Kemendes PDTT, panitia Provinsi Bengkulu, Forkopimda, serta pihak stakeholder terkait, begitu juga dengan masyarakat Provinsi Bengkulu. Ajang ini sangat bermanfaat, untuk kemajuan teknologi di daerah hingga pedesaan, sehingga daerah tersebut semakin maju & berkembang,” terangnya.

Sementara, Direktur Pendayagunaan Sumber Daya Alam & Teknologi Tepat Guna Kemendes PDTT, Leroy Samy Uguy menyampaikan GTTG XXI berlangsung dengan penuh sukacita & pelaksanaannya merupakan yang tersukses selama pelaksanaan GTTG. Capaian ini atas kerjasama yang baik antara panitia pusat & daerah yang berkolaborasi mempersiapkan segala sesuatu hingga berakhir saat ini.

“Selamat, Bengkulu merupakan tuan rumah tersukses pada gelaran TTG yang telah berlangsung selama dua puluh tahun ini. Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung lancar tanpa kendala, aksesnya juga mudah, tempatnya luas & aman serta tingkat antusias peserta yang hadir hampir dari seluruh Indonesia, begitupun dengan kepala daerah yang hadir,” jelasnya.

Ia menambahkan, informasi GTTG telah tersebar luas di media sosial, Twitter, Instagram, Facebook sehingga peserta & masyarakat antusias memeriahkan gelaran ini. Menurutnya, perputaran ekonomi selama berlangsung GTTG pun sangat besar sehingga berdampak kepada kesejahteraan masyarakat.

“Di Twitter, pembukaan gelar TTG masuk trending topic nasional. Ini sangat bagus, jadi gelaran ini lebih dikenal luas oleh masyarakat. Pada pelaksanaan TTG kali ini, nilai perputaran ekonomi di masyarakat menyentuh 25 milliar hasil transaksi selama kegiatan berlangsung. Ke depan, teknologi yang lahir dari desa ini dapat lebih berkembang & dapat tampil di gelaran yang lebih tinggi, yaitu ajang internasional,” tutupnya.

Adapun daftar pemenang dalam Gelar Teknologi Tepat Guna (GTTG) XXI 2019, antara lain kategori Lomba TTG Unggulan, Pemenang I atas nama I Made Saputra Yasa asal Provinsi Bali dengan inovasi alat Distributor Air Pedesaan Sistem Hisap. Pemenang II atas nama Saut Marpaung asal Jawa Barat dengan inovasi alat Kompor Aksi.

Pemenang III atas nama Rizka Wahyuni & Fauziah asal Kepulauan Riau dengan inovasi alat Sabun Limbah Sagu. Pemenang Harapan I atas nama Budi Agasi & Deny Maulana asal Banten dengan inovasi alat Sistem Timbang Ternak Otomatis.

Pemenang Harapan II atas nama Budiono dengan inovasi alat Pirolisis Sampah Rumah Tangga. Dan Pemenang Harapan III atas nama Eko Susilo asal Bengkulu dengan inovasi alat Mesin Huller Kopi.

Sementara, Kategori Stand Terbaik: Pemenang I Jawa Tengah, pemenang II Kalimantan Utara, pemenang III Banten, pemenang harapan I DKI Jakarta, pemenang harapan II Jawa Barat, dan pemenang harapan III Bengkulu.

Kemudian, seluruh peserta dari berbagai provinsi mendapatkan cinderamata replika Tabut yang merupakan bangunan ciri khas Provinsi Bengkulu. Terakhir, disampaikan GTGG XXII selanjutnya, Provinsi Jawa Barat dipercaya untuk menjadi tuan rumah pada tahun 2020. Kemudian pada 2021, Papua atau Papua Barat diproyeksikan menjadi tuan rumah.
(mc diskominfotikprovbkl)

ITI Juara Harapan 1 Lomba TTG Nasional 2019 di Bengkulu

Tinggalkan Balasan