teknologi_terbaru_dan_canggih_new_normal
28 Mei 2020

Teknologi New Normal dan Protokol Kesehatan Covid-19

Beritahu teman

>>>
New normal adalah fase hidup kenormalan baru dalam kehidupan masyarakat selama pandemi Covid-19 (virus korona). Istilah ini dipergunakan mengingat kehidupan masyarakat harus terus bergulir meskipun pandemi Corona belum benar-benar berakhir.

Oleh karena itu protokol kesehatan penanganan Covid-19 masih tetap dipergunakan. Bahkan protokol kesehatan ini tampaknya akan terus menjadi bagian kehidupan masyarakat dalam fase new normal selama beberapa tahun ke depan.

Protokol kesehatan penanganan Covid-19 (virus corona) itu adalah seperti: mencuci tangan, menggunakan masker, menghindari dari menyentuh wajah, terapkan etika saat bersin atau batuk, jaga jarak (physical distancing), selalu menjaga kesehatan, dan melakukan isolasi mandiri jika ada gejala demam, pilek, batuk dan lainnya.

Untuk membantu masyarakat menerapkan protokol kesehatan itu dalam fase new normal, beberapa teknologi canggih dimanfaatkan oleh sejumlah negara di dunia. Di antaranya oleh Korea Selatan, Belgia dan Cina

Berikut ini video dan penjelasan dari teknologi New Normal di sejumlah negara tersebut:

 

 

1. Teknologi New Normal di Korea Selatan

 

Sebuah cafe di Korea Selatan menggunakan robot pelayan yang menggantikan barista dan waitress. Robot ini bisa membuat kopi seenak buatan barista manusia sungguhan, menurut seorang pelanggannya.

Teknologi ini dimanfaatkan untuk membuat pengunjung merasa aman dan nyaman. Robot ini tidak membutuhkan input dari manusia, mulai dari pemesanan hingga pengantaran. Robot dapat bergerak bebas di cafe karena meja-meja diatur dalam jarak aman sesuai aturan physcial distancing.

 

2. Teknologi New Normal di Belgia

 

Sebuah perusahaan menggunakan teknologi komputer yang akan “menangkap” karyawan-karyawan yang melanggar aturan physical distancing. Aturan tersebut antara lain hanya memperbolehkan kumpulan maks hingga 3 karyawan dengan saling menjaga jarak 1 meter.

Cara teknologi ini bekerja adalah dengan menaruh kamera pintar dan layar monitor di sejumlah ruangan kantor. Jika kamera menangkap kumpulan pekerja kantor, maka algoritma komputer akan menghitung jumlah kumpulan dan jarak di antara mereka.

Jika jumlah kumpulan atau jarak tersebut melanggar aturan physical distancing, maka alarm berbunyi mengeluarkan suara peringatan. Layar monitor pun menampilkan visualisasi jarak mereka. jarak yang dilanggar akan ditampilkan dengan warna merah.

Kamera pintar juga dipergunakan untuk memindai para karyawan yang tidak menggunakan masker di pintu masuk kantor. Pelanggaran terhadap aturan ini akan menyalakan alarm peringatan suara yang memerintahkan karyawan untuk menggunakan masker.

 

3. Teknologi New Normal di Cina

 

Sejumlah kamera pendeteksi suhu mengecek temperatur tubuh manusia di sejumlah ruang publik. Paspor kesehatan elektronik (e-health passport) juga dipergunakan memanfaatkan jaringan 4G/5G pengguna smartphone.

Teknologi ini juga telah dimanfaatkan oleh banyak negara di dunia untuk memperlambat penyebaran pandemi Covid-19. Tampaknya banyak negara telah menyiapkan diri menyambut kehidupan normal baru, new normal.

 

Sumber:
TRT World Channel di Youtube

Tinggalkan Balasan