hqdefault.jpg
20 Nov 2019

Teknologi Kontrol dan Pengolahan Citra di Peternakan Ayam Seng Choon Farm, Singapura

Beritahu teman

>>>
Peternakan ayam petelur Seng Choon di Lim Chu Kang, Singapura. Lim Chu Kang terletak di daerah utara Singapura. Bagi orang Singapura, daerah itu lebih terkenal sebagai tempat pemakaman. Taman Nasional Sungei Buloh dan Peternakan katak Jurong Frog adalah beberapa destinasi terkenal lainnya di Lim Chu Kang.

Peternakan Seng Choon sendiri memiliki luas 27x lapangan sepakbola, sekitar 850.000 ayam petelur ditempatkan di 29 kandang besar. Peternakan yang memiliki 100 pekerja ini menghasilkan sekitar 600.000 telur per hari. Seng Choon Farm adalah peternakan ayam petelur terbesar di Singapura.

Di Singapura, para peternak ayam dilarang memberikan antiobitika apa pun kepada unggas yang dimiliki. Agar terjaga kesehatannya, kontak unggas-unggas dengan dunia luar juga dibatasi. Hanya pekerja dan petugas kesehatan saja yang boleh masuk.

Mengelola peternakan sebesar Seng Choon itu tentu tidak mudah. Untuk itu dibutuhkan bantuan teknologi. Ada sejumlah teknologi yang dipakai pada peternakan ini.

Pertama, teknologi kontrol pencampur bahan makanan ayam. Diatur dari sebuah ruang kendali (control room), 12 tangki bahan makanan berisi jagung dan kedelai ditentukan ukuran campurannya dengan bahan lainnya menggunakan komputer. Dari situ dialirkan ke mixer untuk dicampur dan hasilnya dikeluarkan dengan ban berjalan ke kandang-kandang ayam. Makanan diberikan 5x sehari.

Kedua, teknologi pengolahan citra yang menampilkan citra telur pada sebuah layar monitor. Dipakai pada tahap kedua pengecekan telur, untuk mengecek dan mengidentifikasi telur-telur ayam yang kotor dan rusak. Tahap pertama dilakukan sebelumnya secara manual dengan tangan manusia untuk memilah telur yang pecah dari yang baik.

Ketiga, teknologi deteksi akustik untuk menemukan retak setipis rambut pada telur yang sulit dilihat dengan mata telanjang pada tahap kedua.

Keempat, teknologi pengolahan citra dipakai lagi pada tahap akhir untuk mencegah telur-telur yang mengandung gumpalan kecil darah di dalamnya.

Berikut ini video mengenai Seng Choon Farm di Singapura:

 

 

Source: CNA Insider Channel on Youtube

Tinggalkan Balasan