teknologi_dan_virus_corona_covid_19
21 Mar 2020

Teknologi Canggih dalam Perang Melawan Virus Corona (COVID-19)

Beritahu teman

>>>
Sejumlah teknologi terbaru telah dipergunakan untuk memerangi virus Corona (Covid-19), terutama di Cina sebagai negara yang terdampak cukup besar. Pemanfaatan teknologi canggih tersebut diharapkan mengurangi beban kerja dan tentu saja mengurangi resiko infeksi bagi petugas. Di samping itu, implementasi teknologi tersebut ada juga yang diadopsi karena berpacu dengan waktu cepatnya penyebaran virus.

Apa saja teknologi tersebut? Berikut ini di antaranya:

 

1. Food delivery robot

 

Di kota-kota Wenzhou, Hangzhou dan Shenzen Cina robot-robot dimanfaatkan untuk mengantar makanan bagi orang-orang yang dikarantina akibat terpapar virus Corona (Covid-19). Robot-robot ini pergi ke setiap kamar dan memanggil penghuninya seraya memberikan instruksi untuk mengambil makanan. Tidak lupa mengingatkan penghuninya untuk tidak menyentuh robot-robot untuk menghindari potensi infeksi. Sebuah perusahaan yang berbasis di Shenzen yakni Pudu Technology Co. memproduksi robot-robot tersebut.

 

2. Teknologi Konstruksi Kilat

 

Rumah sakit Huoshenshan di Wuhan, Cina dibangun dalam waktu secepat kilat yakni dalam 10 hari saja. Berkapasitas 1.000 tempat tidur. Proyek pembangunan dimulai pada 23 Januari 2020. Dikerahkan 100 ekskavator dan buldoser pada hari berikutnya. Ditangani oleh 160 staf manajemen dan 240 pekerja awal. Pada 26 Januari ground leveling selesai dilakukan dan konstruksi kontainer pre fabrikasi dimulai. Pada 28 Januari struktur baja 2 tingkat bangunan mulai berdiri.

 

Baca juga: 5 Contoh Pemanfaatan AI (Kecerdasan Buatan) dalam Perang Melawan Pandemi COVID-19 (Virus Corona)

 

Pada 29 Januari lebih dari 300 konstruksi pre fab dilakukan. Pada 30 Januari dimulai pemasangan peralatan untuk ruang pengolahan limbah air buangan. Pada 30 Januari 90% pekerjaan kontainer pre fab telah dilakukan. Pada 1 Februari pekerjaan pembangunan fasilitas pembangkit listrik selesai. Juga dilkaukan pemasangan peralatan medis. Dan pada 2 Februari 2020 pembangunan rumah sakit secara resmi dinyatakan selesai. Pembangunan dilakukan oleh ribuan pekerja dan 1400 petugas medis mulai melayani pasien pada hari berikutnya.

 

3. Drone

 

Di Provinsi Jiangsu, kepolisian Cina memanfaatkan drone untuk memperingatkan penduduk mengenai bahaya virus Corona (Covid-19). Lewat drone, polisi memonitor aktivitas warga. Yang tidak mengenakan masker diperingatkan polisi lewat drone yang dilengkapi dengan pengeras suara. Begitu juga warga yang berkumpul-kumpul di luar ruangan diperingatkan untuk masuk rumah. Tampaknya di negara lain yang sangat terdampak virus Corona,seperti Spanyol, juga banyak memanfaatkan drone untuk memberikan warning kepada warga masyarakat.

 

Silakan ditonton video berikut mengenai teknologi terbaru dalam perang melawan virus Corona:

 

 

4. Telemedicine

 

Teknologi lainnya yang sangat membantu dalam memerangi virus Corona adalah telemedicine (pengobatan jarak jauh). Dengan telemedicine para dokter merasa sangat terbantu. Mereka dapat melakukan observasi terhadap pasien tanpa harus melakukan kontak langsung. Juga dapat memberikan konsultasi medis jarak jauh terhadap masyarakat yang membutuhkan.

di RS Heifei City, ibukota Provinsi Anghui di wilayah timur Cina para dokter telah memanfaatkan teknologi terbaru dalam telemedicine itu untuk memerangi virus Corona. Sistem video dan pencitraan telah dipasang di setiap kamar pasien untuk mengumpulkan data-data pasien.

 

Baca juga: Citra Satelit Dampak Global COVID-19 di Kota-kota Dunia

 

Dengan teknologi 5G yang disediakan oleh China Mobile, maka video beresolusi tinggi dapat dikirimkan dari kamar pasien yang jauh ke ruang dokter atau bahkan ponsel dokter. Dengan begitu, para dokter tidak perlu menyentuh langsung pasien. Meski demikian para dokter masih dapat melakukan pemeriksaan detail terhadap tubuh pasien. Bahkan pasien di Kota Fuyang yang berjarak 200 km pun dapat dilayani oleh para dokter di RS Kota Heifei ini.

 

5. Robot Disinfector

 

Empat robot disinfector telah dipakai oleh sebuah rumah sakit di Rizhao, suatu kota di Shandong wilayah timur Cina. Robot-robot pembersih ini menyemprotkan disinfektan, sehingga mengurangi beban kerja dan resiko infeksi bagi pegawai rumah sakit. Di sini terlihat bahwa big data dan smart technology telah dimanfaatkan untuk memerangi virus Corona (Covid-19) di Cina.

 

Sumber: Ettron Channel di Youtube

 

Tinggalkan Balasan