solar-cell-mini-d-59d5d3b40f64db0c674e2932
05 Nov 2017

Power Bank Tenaga Surya

Beritahu teman

Kutipan Kompasiana

Coba bayangkan, andai kita sedang traveling di alam bebas yang jauh dari pemukiman, kemudian secara perlahan tapi pasti batere smartphone mulai kehabisan daya. Low bat! Sementara isi powerbank juga sudah habis lebih dulu. Galau melanda mencari sumber listrik untuk charging gawai. Padahal, ada kondisi darurat yang misalnya harus dikabarkan. Waduh, jangan sampai terjadi ya!

Kejadian seperti ini tidak bakalan terjadi, kalau kita memakai SIP.

SIP? Apa itu?

SIP adalah singkatan dari Solar Integrated Powerbank yaitu suatu alat yang berfungsi untuk mengisi daya smartphone dengan memanfaatkan energi terbarukan yaitu energi surya (matahari). “Sengaja kami singkat jadi SIP, supaya lebih mudah diingat, diucapkan dan meng-Indonesia,” ujar Muhammad Vijay Qumar, mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Institut Teknologi Indonesia (ITI), Serpong.

Vijay menciptakan powerbank tenaga surya ini bersama rekan kuliahnya, Didik Kurniawan. Keduanya sama-sama semester VII. Tentu, juga dibantu oleh rekan-rekan mahasiswa peneliti lainnya.

“Alasan kami menciptakan SIP, selain sebagai bentuk penggunaan renewable energy, juga karena berdasarkan pengalaman kami sendiri yang suka hiking dan beraktivitas di alam bebas. Ketika hiking, beberapa kali kami mengalami kesulitan mencari sumber suplai pengisi daya untuk smartphone. Padahal, smartphone menjadi perlengkapan vital kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, semisal tersesat dan sebagainya,” kata Vijay.

One Comment

  • jeje 3 Oktober 2021

    makasiiii sangat membantu artikelnyaa

    Reply

Tinggalkan Balasan