Program profesi insinyur sekitar Jakarta jabodetabek ITI Serpong Tangsel
21 Jul 2022

Mengenal Program Profesi Insinyur (PSPPI) di Institut Teknologi Indonesia

Beritahu teman

>>
Apa itu Program Profesi Insinyur? Bagaimana cara meraih gelar profesi insinyur? Tulisan ini berusaha untuk menjelaskannya kepada para pembaca yang budiman.

Dilihat dari sejarahnya, istilah insinyur dipakai sebagai gelar akademik bagi sarjana S-1 bidang rekayasa/teknik pada era pemerintahan Hindia-Belanda. Istilah tersebut berasal dari Bahasa Belanda, yakni ingenieur. Hanya saja, setelah munculnya gelar akademik Sarjana Teknik (S.T.), maka gelar Insinyur (Ir.) tidak lagi dipergunakan.

Kemudian sesuai amanah UU Keinsinyuran no. 11/2014, setiap orang yang berpraktik keinsinyuran seperti mengajar/melatih, meneliti, maupun melakukan konsultansi bidang teknik/rekayasa, melakukan proses produksi, eksplorasi, penanaman, dan pembangunan aset teknis wajib mempunyai gelar profesi Insinyur (Ir.) serta memiliki Sertifikat Insinyur Profesional (SIP), dan Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI).

Gelar tersebut dapat dicapai setelah lulus menyelesaikan pendidikan yang ditempuh pada Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur (PSPPI). Sehingga seseorang yang telah mempunyai gelar profesi di bidang keinsinyuran (yakni Ir.) layak disebut sebagai insinyur (rekayasawan).

Artinya, setelah seseorang menamatkan pendidikan setingkat D-4 atau S-1 bidang teknik/rekayasa atau sains, atau pendidikan teknik/rekayasa atau sains, maka untuk bisa berpraktik secara legal di bidang keinsinyuran dalam pekerjaannya, ia harus menempuh lagi pendidikan profesi di PSPPI pada perguruan tinggi yang menyelenggarakannya (bekerjasama dengan Kemdikbud Ristek dan Persatuan Insinyur Indonesia/PII).

 

Baca juga: Mengenal Profesi Insinyur (Engineer) dan Kebutuhannya di Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0 (plus Video)

 

Salah satu universitas yang menyelenggarakan PSPPI adalah Institut Teknologi Indonesia (ITI) di Serpong, Tangerang Selatan. Pada tahun 2022, ITI telah membuka program ini sejak awal semester genap 2021/22 kemarin. Sebanyak 32 orang dari kalangan profesional, dosen, peneliti dan sebagainya saat ini sedang menyelesaikan pendidikan profesi mereka di ITI secara full online.

Ada 2 (dua) jenis jalur masuk pendidikan program profesi insinyur ini:

 

Pertama, jalur reguler yakni bagi mereka yang telah bekerja minimum 2 tahun dalam bidang keinsinyuran.

Kedua, mereka yang telah bekerja puluhan tahun dapat menempuh jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) secara full online.

 

Bagi yang berminat untuk menempuh pendidikan profesi insinyur di ITI dapat menghubungi nomor WA staf PMB ITI berikut:

 

https://wa.me/6282210888432

 

atau langsung mendaftar di laman situs PSPPI Institut Teknologi Indonesia (maks pendaftaran 27 Agustus 2022 untuk masa kuliah semester ganjil 2022/23).

 

Semoga tulisan ini dapat membantu para calon insinyur atau rekayasawan Indonesia serta meningkatkan kualitas para sarjana teknik Indonesia dalam menjalankan profesi keinsinyurannya.

Tinggalkan Balasan