Otomasi dalam Industri dan Peran Robot Produksi
15 Nov 2021

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Otomatisasi Industri

Beritahu teman

>>>
Apa itu Otomatisasi / Otomasi Industri? Mengapa otomatisasi diperlukan? Apa peran robot sebagai otomasi dalam produksi? Tulisan berikut ini akan berusaha menjelaskannya berdasarkan slide presentasi berjudul “Otomatisasi dalam Industri: Peran Robot dalam Produksi“*)

 

Definisi Otomatisasi / Otomasi Industri

 

Otomatisasi industri adalah suatu teknik / teknologi yang berhubungan dengan penerapan sistem mekanik, elektronik, dan juga sistem informasi yang berdasarkan komputer untuk bisa mengoperasikan dan mengendalikan produksi perusahaan.

Berbicara tentang otomatisasi industri masa kini tentu tidak ketinggalan membicarakan peran kecerdasan buatan di dalamnya. Contohnya dalam proses manufaktur terintegrasi komputer (computer integrated manufacturing process) dan inspeksi visual yang cerdas (intelligent visual inspection) [1].

 

Tren Sistem Otomatisasi

 

Berikut ini milestone mulai tergantikannya tenaga kerja manusia dalam proses produksi di industri yang menunjukkan tren sistem otomasi. Mesin-mesin otomatis atau teknologi robot pun mulai berperan besar di industri sejak itu hingga era Revolusi Industri 4.0 sekarang ini:

1960 – Mikrokontroler mulai banyak digunakan dalam industri.

1980 – PLC (Programmable Logic Controller) mulai banyak digunakan dalam sistem otomatisasi menggantikan mikrokontroler.

1990 – Penggunaan SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition atau Akuisisi Data, Kontrol dan Penyeliaan) mulai populer digunakan di luar industri minyak.

2017 – Penggunaan IoT (Internet of Things) mulai banyak dipakai di industri karena lebih luas dan lebih ringkas dalam melakukan otomatisasi.

 

Sejarah Robot

 

Robot memiliki sejarah cukup panjang. Yang dianggap sebagai bapak robotika adalah Al-Jazari ilmuwan muslim yang ahli di bidang mekanik & industri (lahir tahun 1136 M).

Robot ciptaannya yang terkenal adalah perahu yang diawaki oleh empat robot humanoid (pemain musik) yang dipersembahkan untuk menghibur para tamu. Robot lainnya adalah jam gajah bertenaga air menggunakan prinsip hidrolik yang bisa mengeluarkan bunyi mirip suara simbal dan kicauan burung setiap setengah jam[2].

Ilmuwan lainnya yang juga dikenal di bidang robotika adalah ilmuwan Barat Leonardo da Vinci yang pada tahun 1495 membuat konsep robot manusia. Selanjutnya pada tahun 1954, George Devol memperkenalkan robot industrial pertama yang dapat di program, yaitu UNIMATE 1900. Robot ini menjadi robot pertama yang diproduksi secara masal.

 

Aplikasi dan Komponen Robot

 

Pemakaian robot di industri bisa ditemui antara lain di bagian painting, stamping, welding dan palletizer.

 

Aplikasi Robot di Industri

 

Berikut ini beberapa komponen robot yang biasa ditemui:
positioner
– motor
gear box
controller
additional axis
– robot track

 

Pemrograman Robot

 

ROBOT STUDIO adalah aplikasi komputer untuk melakukan pemodelan (modelling), pemrograman secara offline dan simulasi dari robot.

Dengan menggunakan ROBOT STUDIO, kita dapat memakai controller-offline yang merupakan virtual controller IRC5 yang dapat dijalankan pada komputer lokal.

FLEXIBLE PENDANT adalah handheld controller yang digunakan untuk melakukan pemograman secara online antara robot dan objek kerja dengan cara melakukan “teach” antara posisi robot dan objek kerja.

 

Perawatan Robot

 

Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang biasa dilakukan dalam perawatan robot:
– Mengganti oli gear box
– Mengganti grease
– Mengganti SMB battery
– Memeriksa gear box
– Memeriksa kabel-kabel
– Memeriksa seal

Untuk perawatan controller dari robot, hal-hal perlu dilakukan adalah:
– Memeriksa fisik controller
– Memeriksa laju angin pendingin kabinet
– Memeriksa dan membersihkan kipas pendingin
– Membersihkan modul jalur-jalur pendingin

 

Untuk mengetahui lebih detail mengenai topik Otomatisasi/ Otomasi Industri ini, silakan dilihat video rekaman webinar berikut ini yang menjelaskan juga hal-hal dalam tulisan di atas:

 

 

Semoga apa yang telah dipaparkan di sini dapat menambah khazanah pengetahuan para pengunjung sekalian. Mari di-subscribe pula kanal Youtube Prodi Teknik Elektro Institut Teknologi Indonesia untuk mengikuti video-video lainnya.

 

*) Slide presentasi dibuat dan disampaikan oleh Ricardo Maspaitella, ST (Manajer Maintenance & Facility di Ansaldo Energia Gulf, Uni Emirat Arab dan alumni T. Elektro ITI 1994) pada Webinar Kapita Selekta Prodi Teknik Elektro ITI, Sabtu 31 Juli 2021.

 

Sumber video:
Teknik Elektro Institut Teknologi Indonesia Channel di Youtube

Referensi tambahan:

[1]http://news.unair.ac.id/2021/06/22/menilik-sistem-otomasi-industri-dengan-energi-terbarukan-dan-ai/
[2]https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5535333/cendekiawan-muslim-al-jazari-bapak-robotika-yang-menginspirasi-dunia

Tinggalkan Balasan