Cara Meningkatkan Produktivitas di Kantor
23 Mei 2021

Lima (5) Tips/Cara Meningkatkan Produktivitas + 5 Cara Lagi bagi Calon Pengusaha/Entrepreneur [Pojok Inggris]

Beritahu teman

>>>
Anda bisa coba tips/cara meningkatkan produktivitas berikut, terutama jika Anda adalah para calon pengusaha (entrepreneur). Namun sebenarnya, tips ini berlaku bagi siapa pun, tidak peduli apa profesi Anda. Atau apa pun yang Anda lakukan.

Pada suatu titik Anda akhirnya akan sampai pada kebutuhan untuk mengatur waktu Anda agar menjadi lebih produktif. Terlebih lagi, menjadi produktif pada pekerjaan Anda adalah sebuah tantangan tersendiri, baik Anda adalah seorang pengusaha atau bekerja untuk orang lain.

Berikut ini adalah 5 + 5 cara meningkatkan produktivitas Anda sebagai seorang pengusaha/entrepreneur:

 

1. Hilangkan Semua Pengganggu

 

Semua pengganggu seperti notifikasi email atau WA, dering smartphone, bahkan suara derit pintu kantor yang terbuka sebenarnya bisa membunuh ide-ide yang telah muncul di pikiran.

Barangkali Anda berpikir bahwa kita dapat menyiapkan presentasi dan melakukan chatting pada waktu yang bersamaan, padahal kenyataannya tidak akan bisa. Karena itu matikan semua potensi pengganggu itu demi produktivitas Anda.

 

2. Stop Mengerjakan Banyak Tugas pada Saat Bersamaan

 

Jika Anda ingin lebih produktif, berfokuslah mengerjakan satu tugas pada satu waktu. Multitasking atau mengerjakan banyak tugas pada waktu yang sama terbukti tidak dapat meningkatkan produktivitas.

 

3. Beristirahatlah

 

Anda bisa saja berpikir bahwa meluangkan waktu lebih banyak akan membantu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. Namun hal itu tidak akan terjadi jika Anda telah menjadi terlalu lelah.

Sebuah studi memperlihatkan bahwa beberapa jeda waktu istirahat dalam sehari dapat meningkatkan konsentrasi dan memperbaiki suasana hati Anda.

Karena itu ambillah waktu istirahat, berjalan-jalan di sekitar kantor atau pergi minum kopi di dekat kantor Anda.

 

4. Terapkan Aturan 2 Menit

 

Jika Anda menilai ada beberapa tugas kecil yang dapat diselesaikan dalam waktu dua menit atau kurang maka lakukan dan selesaikanlah. Hal ini akan memberi penghematan dalam waktu sehari Anda.

 

5. Kerjakan Tugas Paling Besar Lebih Dahulu

 

Jika Anda merasa bekerja lebih baik dan lebih produktif pada pagi hari, maka kerjakan tugas besar Anda saat di pagi hari. Artinya, memahami ritme tubuh dan pola kerja Anda adalah hal yang sangat penting agar Anda lebih produktif dalam bekerja.

 

Nah, khusus bagi para entrepreneur sadarilah berkah dan beban Anda yang melekat bersamaan. Di satu sisi Anda memiliki kebebasan memilih kapan, di mana dan apa yang Anda kerjakan. Namun di sisi lain, banyak di antaranya yang harus bekerja gila-gilaan tanpa mengenal waktu.

Oleh karena itu perlu diketahui 5 cara berikutnya yang penting bagi Anda para calon entrepreneur untuk meningkatkan produktivitas kerja. Silakan simak video berikut ini sambil melatih kemampuan reading dan listening Bahasa Inggris,…yes, Pojok Inggris lagi:

 

 

Dari video di atas, berikut ini ringkasan dari 5 cara tambahan meningkatkan produktivitas kerja para entrepreneur tersebut:

 

1. Terapkan Aturan Pareto 80/20

 

Untuk bisa lebih produktif dengan waktu lebih sedikit, maka jadwalkanlah waktu Anda mengikuti prinsip Pareto atau Aturan 80/20.

Dengan begitu, Anda akan berlatih menggunakan 80% waktu Anda dalam sehari untuk menyelesaikan tugas paling penting. Dan 20% waktu sisanya untuk tugas selain itu.

 

2. Putuskan Hubungan

 

Hindari pemikiran bahwa Anda harus bekerja lebih keras untuk mencapai tujuan-tujuan Anda. Hal ini penting untuk menjaga pikiran dan stamina Anda agar tetap segar dan sehat.

Di samping itu, ambillah jeda waktu untuk beristirahat secara berkala di sepanjang hari kerja, juga pada akhir minggu. Putuskan pula hubungan telpon / email / chat selama Anda bekerja agar Anda dapat bekerja dengan fokus dan pikiran tetap segar.

 

3. Berani Berkata “TIDAK”

 

Mereka yang sukses ternyata harus membuat prioritas pemenuhan permintaan yang datang sepanjang waktu berharga mereka. Karena itu Anda perlu mengetahui apa yang menjadi target Anda dan berani berkata “TIDAK” terhadap proyek atau kesibukan lain yang berdatangan.

Bekerja lebih sedikit namun lebih produktif sangat penting untuk keseimbangan dalam hidup Anda. Jika belum dapat mencapai hal itu, maka Anda akan mendapati diri Anda dalam situasi penuh tekanan dan terkuras habisnya energi.

 

4. Buatlah Perencanaan

 

Kebanyakan pengusaha memang memiliki rencana jangka panjang, namun mereka gagal membuat rencana dan prioritas harian.Ketika jadwal Anda berantakan, maka akan sangat susah untuk mengoptimalkan waktu Anda.

Untuk itu luangkanlah waktu Anda di malam hari untuk membuat prioritas pekerjaan yang akan Anda lakukan esok hari sehingga memungkinkan Anda mencapai tujuan-tujuan Anda.

 

5. Lakukan Outsourcing

 

Langkah ini perlu Anda lakukan bukan hanya karena orang lain dapat melakukannya lebih baik dibandingkan Anda sendiri.

Namun outsourcing juga layak dipertimbangkan untuk mengerjakan pekerjaan yang kurang penting namun perlu, yakni pekerjaan yang menyita 20% waktu Anda sesuai prinsip Pareto.

 

Demikian sejumlah tips atau cara dari kami dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja Anda. Meskipun hasil perbaikan nyata tidak mungkin diraih dalam semalam, namun dengan mencoba tips atau cara di atas diharapkan hari-hari kerja Anda akan lebih produktif seiring dengan berjalannya waktu.

 

Sumber Video:
Prodi Teknik Elektro Institut Teknologi Indonesia Channel di Youtube

Tinggalkan Balasan