Detoksifikasi Meningkatkan Imun Tubuh
30 Jul 2021

Lima (5) Cara Meningkatkan Sistem Imun Tubuh dengan Detoksifikasi di Masa Pandemi Covid – [Pojok Inggris]

Beritahu teman

>>>
Berikut ini tips / cara mudah di masa pandemi Covid ini untuk meningkatkan daya tahan (sistem imun) tubuh Anda dengan Detoksifikasi. Namun sebelumnya mari kita pahami lebih dulu apa yang dimaksud dengan sistem imun.

 

Apa Itu Sistem Imun?

 

Fungsi dari sistem imun adalah melindungi tubuh kita dari zat asing yang dapat membahayakannya. Substansi asing ini dikenal dengan sebutan antigen. Antigen terdiri dari bakteri, virus, parasit dan jamur.

Saat organisme (antigen) tersebut ditemukan dalam tubuh, mereka akan segera berhadapan dengan sistem imun, yang selanjutnya akan dicoba dihancurkan oleh sistem imun tersebut.

Sistem imun tubuh kita terdiri dari 2 macam, yakni sistem imun bawaan (innate immune system) dan sistem imun adaptif (adaptive immune system).

 

Sistem Imun Bawaan

 

Tujuan dari antigen adalah masuk ke dalam tubuh kita. Di sinilah kemudian sistem imun bawaan bekerja sebagai pertahanan awal dari tubuh. Sistem imun bawaan terdiri dari kulit, sel-sel sistem imun dan beberapa zat kimia dalam darah.

A. Kulit
Sebagai garis pertama daya pertahanan tubuh kita, kulit mencegah masuknya virus dan bakteri. Dengan menjaga kebersihan kulit berarti kita mencegah masuknya antigen yang membahayakan tubuh. Prokes mencuci tangan yang dipraktekkan orang-orang di masa pandemi Covid merupakan contoh yang bagus untuk menghindarkan diri kita dari berbagai antigen penyebab penyakit.

B. Sel-sel Sistem Imun
Beberapa sel bersifat lebih selektif dibandingkan yang lainnya dalam merespons serangan antigen. Sehingga dikenal ada 3 kategori sel imun, yaitu fagosit (phagocytes), sel-T (T-cells) dan sel-B (B-cells).

Sel putih besar / fagosit merupakan pemakan antigen. Sel ini terdapat di dalam darah dan jaringan tisu. Radang / inflamasi di tubuh merupakan tanda bekerjanya fagosit. Dengan munculnya radang, maka alirah darah meningkat sehingga fagosit dikirim ke daerah tersebut.

Sedangkan sel-T berfungsi mengatur sel-sel imun tubuh. Mereka dapat menghilangkan atau mengaktifkan sel-sel imun. Sel-T disebut juga sebagai sel pembunuh, karena sel yang terinfeksi antigen atau sel yang tampakabnormal akan dibunuhnya.

Adapun sel-B berfungsi mengaktifkan antibodi, yakni protein yang akan menghancurkan antigen di dalam aliran darah.

 

Sistem Imun Adaptif

 

Sistem imun adaptif adalah sistem yang mampu mengingat serangan antigen sebelumnya dan dapat diprogram untuk menghancurkan antigen dengan lebih efektif.

Anda mestinya sudah sangat familiar dengan istilah vaksin, apalagi pada masa pandemi virus Corona saat ini. Nah, vaksin yang disuntikkan ke dalam tubuh kita, seperti vaksin anti covid di masa pandemi ini, akan mengaktifkan sistem imun adaptif ini. Selanjutnya antigen akan diperangi oleh sel-sel imun yang spesifik dikirim dengan ingatan atas serangan antigen sebelumnya, sehingga antigen tidak sempat mereplikasi dirinya lebih banyak lagi di dalam tubuh kita.

Dengan memahami penjelasan sistem imun di atas, maka terlihat pentingnya menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, terutama di masa pandemi Covid-19 yang telah berlangsung hampir 2 tahun lamanya hingga tahun 2021 ini.

 

Lima (5) Tips Mudah Meningkatkan Sistem Imun dengan Detoksifikasi

 

Detoksifikasi adalah proses menghilangkan racun-racun di dalam tubuh kita. Racun tersebut dapat berbentuk virus atau bakteri.

Berikut ini 5 cara meningkatkan sistem imun yang dapat Anda lakukan dengan mudah dengan menonton video di bawah ini…Yes, it’s Pojok Inggris:

 

 

Lima cara mudah meningkatkan daya tahan tubuh Anda seperti yang dijelaskan dalam video di atas adalah:
minum banyak air putih 2 – 3 liter per hari, hindari alkohol, hindari gula, hindari makanan kaleng / olahan pabrik dan kurangi stres.

Demikianlah tulisan singkat mengenai tips peningkatan daya tahan tubuh ini. Semoga kita semua terhindar dari penyakit akibat virus Corona atau pun penyakit-penyakit lainnya di masa pandemi ini.

 

Sumber video:
Teknik Elektro Institut Teknologi Indonesia Channel di Youtube

 

Tinggalkan Balasan