Info Prodi
Selasa, 26 Sep 2023
  • 2 dari 8 Alasan Anak SMK & MAK Perlu Lanjut Kuliah di Prodi Teknik Elektro ITI: 1) Nggak perlu hebat dulu untuk bisa kuliah di sini, 2) Biaya kuliah bisa nyicil per bulan (bunga 0%).
10 Februari 2023

Integrasi ChatGPT ke dalam New Bing, Segera Tingkatkan Optimasi SEO Website untuk Bing Search Engine

Jumat, 10 Februari 2023 Kategori : Artikel Ilmiah

Dalam tulisan ini dibahas mengenai dampak integrasi ChatGPT ke dalam mesin pencarian (search engine) New Bing, yaitu perlunya melakukan bahkan meningkatkan optimasi SEO (Search Engine Optimization) Bing mulai sekarang pada website yang kita miliki.

Bing yang Naik Daun

Mesin telusur Bing milik Microsoft mendadak naik daun ketika diumumkan bahwa ChatGPT akan diintegrasikan ke dalam New Bing. Dan tidak lama kemudian versi awal dari New Bing pun telah dirilis ke publik pada Selasa 7 Februari 2023 lalu [1].

Beberapa pihak meramalkan New Bing yang berbasiskan teknologi ChatGPT dapat melampaui Google untuk pertama kalinya setelah dua dekade terakhir Google mendominasi pasar mesin pencarian.

Saat ini Google masih menguasai pasar sekitar 87 persen, sedangkan Bing sekitar 7 persen dari pengguna komputer desktop di seluruh dunia. Meskipun demikian, Bing ternyata mengalami pertumbuhan pengguna yang signifikan sejak tahun 2019 sebanyak 41 persen [2].

Bagaimana Meningkatkan Optimasi SEO Bing pada Website?

Seiring dengan dirilisnya New Bing tahap awal yang terintegrasi dengan ChatGPT, diprediksi akan banyak orang tertarik untuk menjadikan New Bing sebagai alternatif yang sepadan dari Google.

Terutama bagi mereka yang telah merasakan sensasi / pengalaman menggunakan ChatGPT versi gratis baik di Indonesia maupun di luar negeri di mana ChatGPT berhasil menarik 100 juta pengguna dalam 2 bulan pertama sejak rilisnya.

Selama ini kita memang banyak terfokus pada bagaimana melakukan optimasi SEO untuk menaikkan visibilitas website di hasil pencarian Google. Sementara SEO Bing terabaikan. Namun sekarang kelihatannya tidak boleh lagi meremehkan persoalan optimasi SEO Bing ini.

Oleh karena itu, meningkatkan visibilitas atau peringkat website yang semakin baik di New Bing kini menjadi lebih penting untuk dilakukan. Berdasarkan hal itu, di sini akan dipaparkan sejumlah hal yang harus diperhatikan ketika melakukan optimasi SEO Bing pada website.

Namun perlu digarisbawahi bahwa SEO Bing di sini ditulis berdasarkan SEO Bing sebelum diintegrasikan dengan ChatGPT (yakni Bing versi lama), sehingga tidak menjamin keseluruhan atau sebagian besarnya akan berhasil, mengingat algoritma New Bing persisnya tidak ada yang tahu.

Meskipun demikian kita boleh berharap banyak, karena selama ini algoritma Bing telah menggunakan AI (kecerdasan buatan) dalam porsi yang lebih besar dibandingkan Google, sehingga harapannya New Bing tinggal meneruskan dan memperbaiki algoritma berdasarkan AI mereka selama ini.

Berikut adalah hal-hal penting terkait SEO Bing [2]:

a. Fokus kepada on-page SEO

Penjelasan detail mengenai hal ini dapat dilihat pada video di bawah ini “On-page and technical SEO Part 1 – SEO Unlocked” dari Neil Patel Channel di Youtube [3]:

b. Gunakan keyword yang persis sama dengan maksud pengguna search engine pada title tag, deskripsi meta, nama domain (meskipun tidak mutlak), H1 tag dan H2 tag.

c. Buat konten yang berkualitas, tulisan jangan terlalu pendek (lebih baik di atas 1000 kata), sertakan nama penulis dan referensi, gunakan format yang baik sehingga mempermudah pembaca dan membuatnya nyaman dalam membaca.

d. Desain web dengan baik, usahakan web loading yang cepat, buat penavigasian yang mudah, gambar / image dioptimasi dengan baik.

e. Jika memiliki bisnis lokal, daftarkan dan optimasi bisnis tersebut di Bing Places for Business

f. Daftarkan sitemap dari website ke Bing

g. Dapatkan backlink dari website yang otoritatif

h. Tingkatkan social shares di media sosial seperti Pinterest, Facebook, Twitter dan lain sebagainya. Algoritma Bing lebih memperhatikan hal ini dibandingkan Google.

Sebagai penutup dan sekedar tambahan, jika website yang dipakai adalah berbasis WordPress maka dapat digunakan plugin-plugin yang mendukung sebagian upaya SEO Bing di atas. Contohnya, untuk optimasi gambar bisa menggunakan Robin Image Optimizer plugin, untuk kebutuhan sebagian pekerjaan SEO bisa menggunakan Yoast SEO dan lain sebagainya.

Demikian tulisan singkat mengenai persiapan menuju integrasi ChatGPT dengan New Bing. Semoga dapat memberikan sedikit pencerahan bagi pembaca yang budiman.

Sumber:
[1] https://www.cnbc.com/2023/02/07/microsoft-open-ai-chatgpt-event-2023-live-updates.html
[2] https://neilpatel.com/blog/a-simple-guide-to-bing-seo/

[3] Neil Patel Channel di Youtube

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar