Waymo-si-Mobil-Tanpa-Sopir
03 Nov 2019

Inilah Waymo, Teknologi Mobil Tanpa Sopir (Driverless Car)

Beritahu teman

>>>
Waymo adalah sebuah proyek penelitian mobil dengan teknologi tanpa sopir dari Google. Perusahaan ini dikenal sebagai pionir dalam hal penelitian kendaraan tanpa pengemudi, karena mereka telah melakukan penelitian ini selama puluhan tahun.

Jika sebelumnya percobaan mobil Waymo tanpa pengemudi tersebut masih menggunakan sopir pengaman, maka pada tahun 2019 ini mobil benar-benar berjalan tanpa sopir. Paling tidak itulah yang dialami oleh Ed Niedermeyer seperti yang ditulisnya di situs Techcrunch.

Waymo telah menjalani 16 juta kilometer jalan dan 16 milyar kilometer simulasi perjalanan sebelum berani menawarkan pengalaman berkendara tanpa sopir kepada Ed. Meski hanya 10 menit, dan dengan kecepatan sekitar 70 km/jam, pengalaman itu luar biasa.

Kursi sopir yang biasanya diisi manusia kali ini kosong. Mobil dapat langsung berbelok saat lampu merah menyala hijau. Dan mobil juga bisa menyesuaikan kecepatan secara otomatis terhadap lingkungan sekitar. Lihat video Waymo di bawah ini:

 

 

Dua hal yang menjadi tantangan terbesar pengembangan mobil tanpa sopir ini adalah teknologi/protokol dan pengalaman pengguna/penumpang.

Yang pertama, persoalan pengembangan teknologi dan protokol. Bagaimana mengembangkan keduanya untuk keperluan deteksi dan penyelamatan darurat jika terjadi sesuatu? Bagaimana membuat layanan darurat tersebut mengambil alih mobil? Untuk itu dilakukan banyak sekali percobaan dan simulasi, termasuk koordinasi dengan perangkat otoritas lalu lintas setempat.

Yang kedua, pengalaman pengguna/penumpang. Saat mobil benar-benar melaju tanpa pengemudi, ternyata sensasi yang dialami oleh penumpang menjadi berbeda. Sebab, sopir Waymo kali ini adalah komputer, bukan lagi manusia. Komunikasi yang biasanya terjadi antara sopir dan penumpang sekarang berubah menjadi antara penumpang dengan komputer. User experience seperti ini masih terus dipikirkan oleh tim peneliti Waymo.

Sopir berupa komputer memang lebih hebat dalam hal berjalan sesuai jalur (terutama untuk jarak jauh) dan menghindari gangguan di jalan. Namun sopir berupa manusia masih lebih bagus dalam hal fleksibilitas dan adaptasi dalam memberikan layanan berkendara kepada penumpangnya.

Berikut ini adalah transkrip dari video mengenai Waymo di atas, mobil dengan teknologi full 100% tanpa sopir yang dikembangkan oleh Google.

We have been doing driverless testing in Phoenix since 2017. We have done it at small scale with a few riders, but early Fall, we have really begun to slowly and responsibly ramp up the service.

They can get matched with a fully driverless car where there is no train driver in the car at all. We have been at this for over ten years now.

On public roads are driven for 10 million plus miles. We have done 10 billion miles of simulation. The simulation is not only things that we have seen on the road.

Not only synthetic scenarios we have created, but also situations that we have made more adversarial than what we observed. For example, inserting cyclists and motorcyclists into a scene and through a combination of multiple methods.

We have reached experience and confidence to be able to do this. We’re constantly monitoring data both from the test driver course and the simulation as well as our driverless cars and our ongoing variety of testing.

Anytime we find information that requires us to revisit a few assumptions, we will always put safety first and take the requisite actions. There are a couple of areas that we had to pay special attention to, for example when law enforcement or first responders have to interact with a completely empty car.

So that’s an entire area that we designed and tested, but also collaborated with first responders in the local area tested. For example whether or not we are able to detect all kinds of sirens and flashing lights, but also how a police officer in an emergency can take over the car if they need to.

it was a little bit more of like sort of a classic design problem when we had all of this information. We had to create a hierarchy of that information. So what’s most important and then how does color map to what’s most important.

Source:
1. Techcrunch Channel on Youtube
2. https://techcrunch.com/2019/11/01/hailing-a-driverless-ride-in-a-waymo/

Tinggalkan Balasan