Info Prodi
Minggu, 14 Jul 2024
  • 2 dari 8 Alasan Anak SMK & MAK Perlu Lanjut Kuliah di Prodi Teknik Elektro ITI: 1) Nggak perlu hebat dulu untuk bisa kuliah di sini, 2) Biaya kuliah bisa nyicil per bulan (bunga 0%).
3 Juli 2024

Definisi Transformasi Digital dan Perkembangan serta Aplikasinya

Rabu, 3 Juli 2024 Kategori : Artikel Ilmiah

Apa itu transformasi digital? Bagaimana perkembangan dan contoh kasus penerapan suksesnya transformasi digital di berbagai bidang? Baca terus artikel ini ya gaes sampai ketemu jawabnya…

Transformasi digital merupakan fenomena global yang telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia. Dengan kemajuan teknologi digital seperti Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (AI), dan big data, sejumlah industri, masyarakat dan pemerintah di seluruh dunia mengalami perubahan yang signifikan.

Artikel ini akan mengkaji definisi transformasi digital, perkembangan historisnya, serta aplikasinya di berbagai bidang seperti kesehatan, administrasi publik, pendidikan, industri manufaktur, dan ekonomi digital.

DEFINISI TRANSFORMASI DIGITAL

Pengertian transformasi digital adalah merujuk pada proses penggunaan teknologi digital untuk mengubah cara kerja organisasi dan masyarakat.

Transformasi digital melibatkan adopsi teknologi baru dan perubahan budaya organisasi untuk meningkatkan efisiensi, menciptakan nilai baru, dan memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang.

PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM TRANSFORMASI DIGITAL

Menurut Deloitte terdapat 5 keharusan dampak bisnis (business imperatives) yang harus dicapai sejalan dengan penggunaan / aplikasi teknologi tertentu dalam proses transformasi digital di suatu organisasi, yaitu [1]:

  1. Experiences

Berfokus pada interaksi pelanggan, pekerja maupun stake holder lainnya. Teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan ini antara lain teknologi bergerak (mobile), virtual reality, pengenal suara dan gerak serta data analytics (analitika data).

  1. Insights

Penilaian atas data, analisis, model operasi dan tenaga kerja apa saja yang dibutuhkan untuk mensukseskan strategi organisasi.

Teknologi yang dapat dipakai antara lain data analytics, AI, machine learning dan deep learning.

  1. Platforms

Berfokus pada lokasi dan manajemen informasi di dalam organisasi atau jaringannya. Teknologi untuk mencapainya antara lain pusat data di cloud (awan), aplikasi native di cloud, jaringan IoT dan komputasi awan.

  1. Connectivity

Melibatkan aliran informasi antara berbagai platform, pengalaman dan insight, serta membangun jaringan dengan organisasi dan ekosistem lainnya.

Teknologi untuk mewujudkan hal tersebut antara lain pita lebar (broadband), nirkabel (wireless), jaringan LTE,4G, 5G, 6G, Wi-Fi6, Bluetooth rendah energi, serta API marketplace.

  1. Integrity

Berfokus pada perbaikan daya tahan organisasi, keamanannya, etika teknologinya, serta kepercayaan baik di dalam maupun luar organisasi untuk menghadapi ancaman dan bahaya siber yang selalu meningkat.

Teknologi yang digunakan untuk mencapai hal itu antara lain manajemen akses dan identitas, otentikasi multifaktor berbasis risiko, keamanan (Zero Trust security), kriptografi, pencadangan (back up) data dan pemulihannya serta intelijen ancaman siber.

Demikianlah beberapa tujuan bisnis organisasi yang harus dicapai dengan pemakaian sejumlah teknologi digital.

Namun dalam konteks yang lebih luas daripada lingkup organisasi, transformasi digital nyatanya juga mencakup pengembangan keterampilan digital dalam masyarakat, peningkatan akses terhadap teknologi, dan pembentukan kebijakan yang mendukung inovasi digital.

Baca juga: Download Gratis PDF Ebook “Transformasi Digital (Pengantar Literasi Digital untuk Mahasiswa)” Tahun 2024

PERKEMBANGAN TRANSFORMASI DIGITAL

Transformasi digital telah melalui berbagai tahapan perkembangan sejak kemunculan teknologi komputer dan internet.

Pada awalnya, digitalisasi dimulai dengan pengenalan komputer dan internet pada era 1980-an dan 1990-an, yang dikenal sebagai era informasi. Pengenalan World Wide Web oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 membuka jalan bagi revolusi digital yang lebih besar, memungkinkan akses informasi secara global dan menciptakan berbagai peluang bisnis baru.

Pada awal abad ke-21, kemajuan teknologi seperti big data, IoT, dan AI semakin mempercepat transformasi digital. IBM, sebagai salah satu pionir dalam teknologi digital, telah berkontribusi besar dalam pengembangan solusi teknologi untuk berbagai industri.

TRANSFORMASI DIGITAL DI BERBAGAI BIDANG

  1. Bidang Kesehatan

Di bidang kesehatan, transformasi digital telah membawa perubahan signifikan dalam cara pelayanan kesehatan diberikan.

Teknologi digital seperti big data dan AI digunakan untuk menganalisis data medis dalam jumlah besar, memungkinkan diagnosis yang lebih akurat dan pengobatan yang lebih tepat.

Selain itu, telemedicine atau layanan kesehatan jarak jauh, telah menjadi solusi penting dalam memberikan perawatan kesehatan, terutama selama pandemi COVID-19.

  1. Bidang Administrasi Publik

Dalam administrasi publik, transformasi digital membantu meningkatkan efisiensi dan transparansi pemerintahan.

Pemerintah di berbagai negara, termasuk Uni Eropa, telah mengadopsi teknologi digital untuk mengoptimalkan layanan publik dan meningkatkan partisipasi warga.

Digitalisasi proses administrasi publik juga membantu dalam pengelolaan data yang lebih baik dan pengambilan keputusan yang lebih efektif.

  1. Bidang Pendidikan

Transformasi digital dalam pendidikan telah mengubah cara belajar dan mengajar. E-learning dan platform pendidikan online memungkinkan akses terhadap materi pembelajaran dari mana saja dan kapan saja.

Teknologi seperti AI juga digunakan untuk personalisasi pembelajaran, membantu siswa belajar sesuai dengan kecepatan dan gaya belajar mereka masing-masing.

Generasi Z, yang tumbuh dalam era digital, memiliki akses yang lebih besar terhadap informasi dan sumber daya pendidikan dibandingkan generasi sebelumnya.

  1. Bidang Industri Manufaktur

Di sektor manufaktur, transformasi digital sering disebut sebagai Industri 5.0, yang menggabungkan teknologi digital dengan otomatisasi untuk meningkatkan efisiensi produksi.

IoT memungkinkan konektivitas antar mesin, menciptakan sistem produksi yang lebih cerdas dan responsif. Sementara itu, teknologi big data digunakan untuk menganalisis data produksi, membantu dalam pengoptimalan proses dan pengurangan limbah.

  1. Bidang Ekonomi Digital

Ekonomi digital merujuk pada ekonomi yang didorong oleh teknologi digital dan internet. Dalam ekonomi digital, bisnis dan transaksi dilakukan secara online, menciptakan pasar global yang lebih luas dan terbuka.

Perusahaan seperti NVIDIA dan berbagai start-up teknologi memainkan peran penting dalam mengembangkan solusi digital yang inovatif. Pemerintah dan organisasi juga mendorong digitalisasi untuk meningkatkan daya saing ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru.

Baca juga: Download Gratis Buku PDF “Pengantar Bisnis” tahun 2023 tentang Pemanfaatan AI dalam Bisnis, IoT dalam Bisnis, Cloud Computing, Cyber Security, Transformasi Bisnis ke dalam Sistem Digital & Mobile Business

CONTOH KASUS ORGANISASI SUKSES MENERAPKAN TRANSFORMASI DIGITAL

Berikut ini adalah beberapa contoh kasus nyata dari organisasi bisnis dan pemerintah yang sukses mengimplementasikan transformasi digital di berbagai bidang:

  1. Bidang Kesehatan

A. Mayo Clinic

Mayo Clinic, sebuah rumah sakit dan pusat riset di Minnesota AS, telah memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan pelayanan kesehatan pasien.

Mereka menggunakan data, analytics, machine learning dan AI untuk menganalisis data pasien dan memberikan diagnosis serta rekomendasi pengobatan yang lebih akurat [2].

Telemedicine juga telah diimplementasikan, memungkinkan pasien untuk mendapatkan konsultasi medis dari jarak jauh.

B. Babylon Health

Babylon Health adalah perusahaan kesehatan digital berbasis di London, UK yang menggunakan AI untuk menyediakan layanan kesehatan melalui aplikasi mobile.

Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan konsultasi medis, mendapatkan resep obat, dan mengelola kesehatan mereka secara lebih efektif.

Meskipun terlahir sebagai start-up layanan kesehatan berbasis digital pertama di dunia pada tahun 2013, namun sayangnya pada tahun 2023 lalu mereka dilaporkan mengalami kebangkrutan [3].

  1. Bidang Administrasi Publik

A. Program e-Residency of Estonia

Estonia adalah contoh sukses negara yang telah mengadopsi teknologi digital dalam administrasi publik.

Program e-Residency of Estonia sejak tahun 2014 memungkinkan orang dari seluruh dunia untuk mengakses layanan pemerintah Estonia secara online, dalam rangka mendirikan perusahaan, membuka rekening bank serta akses ke berbagai pilihan pembayaran [4].

Hal ini terbukti telah meningkatkan efisiensi dan transparansi administrasi publik. Hingga tulisan ini dibuat telah terdaftar sekitar 100.000 e-residen yang berasal dari lebih dari 170 negara, 12 milyar Euro pendapatan dari lebih dari 25.000 perusahaan yang didirikan para e-residen tersebut.

B. Digital India Initiative

India meluncurkan Digital India Initiative untuk meningkatkan konektivitas internet dan mengadopsi teknologi digital dalam layanan publik.

Proyek ini mencakup digitalisasi dokumen pemerintah, platform e-governance, dan aplikasi mobile untuk berbagai layanan publik (Umang app), yang bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan partisipasi warga negara [5].

  1. Bidang Pendidikan

A. Khan Academy

Khan Academy adalah platform pendidikan online (daring) yang menyediakan materi pembelajaran gratis dalam berbagai mata pelajaran.

Dengan menggunakan teknologi digital, platform ini memberikan akses ke konten pendidikan berkualitas tinggi kepada siswa di seluruh dunia, memungkinkan mereka belajar dengan kecepatan dan gaya mereka sendiri.

B. Coursera

Coursera bekerja sama dengan universitas dan institusi pendidikan untuk menyediakan kursus online. Dengan menggunakan AI dan big data, Coursera mempersonalisasi pengalaman belajar siswa dan menawarkan program sertifikasi yang diakui secara global, membantu meningkatkan keterampilan dan peluang kerja.

  1. Bidang Industri Manufaktur

A. Siemens

Siemens telah mengadopsi teknologi digital seperti IoT dan big data dalam proses manufaktur mereka.

Sistem produksi cerdas Siemens memungkinkan konektivitas antar mesin, pengumpulan data real-time, dan analisis untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi limbah.

Proyek mereka yang dikenal dengan nama Electronics Works Amberg (EWA) menunjukkan keberhasilan implementasi ini. Dengan teknologi AI dan Edge Computing serta cloud, sebanyak 50 juta data proses maupun produk per tahun dapat diproses langsung di tempat di mana data itu diperoleh [6].

B. General Electric (GE)

GE menggunakan platform Predix untuk mengoptimalkan operasi manufaktur. Platform ini mengumpulkan data dari berbagai sensor pada mesin dan menggunakan analitika data (data analytics) untuk memprediksi perawatan yang diperlukan, meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi downtime (berhentinya proses produksi).

Tim GE Aviation berhasil membangun aplikasi baru menggunakan platform Predix dalam waktu kurang dari 3 bulan pada pabrik GE yang berlokasi di Asheville, North Carolina.

Aplikasi GE tersebut diberi nama Standard Work Optimization Tool (SWOT). Aplikasi ini menyediakan analisis canggih real time yang memberitahu operator tindakan apa yang dilakukan berikutnya pada suatu mesin pada suatu waktu tertentu. Dalam satu bulan penggunaan aplikasi ini produktivitas telah meningkat sebanyak dua belas persen [7].

  1. Bidang Ekonomi Digital

A. Alibaba Group

Alibaba telah menjadi salah satu pemain utama dalam transformasi ekonomi digital dengan platform e-commerce mereka.

Dengan menggunakan big data dan AI, Alibaba menyediakan pengalaman belanja yang dipersonalisasi dan efisien, serta mengelola logistik dan rantai pasokan dengan cerdas untuk memenuhi permintaan global.

B. Amazon Web Services (AWS)

AWS adalah penyedia layanan awan yang telah membantu banyak perusahaan mengadopsi transformasi teknologi digital.

Dengan infrastruktur awan yang kuat, AWS memungkinkan bisnis untuk menjalankan aplikasi digital, menyimpan data, dan mengembangkan solusi inovatif dengan biaya yang lebih rendah dan fleksibilitas yang lebih tinggi.

PENUTUP

Demikianlah, contoh-contoh di atas menunjukkan bagaimana transformasi digital dapat diterapkan di berbagai bidang untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan menciptakan nilai baru.

Setiap kasus juga menyoroti peran penting teknologi digital dalam mendorong inovasi dan pertumbuhan. Transformasi digital adalah fenomena yang terus berkembang, membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Dalam bidang kesehatan hingga pendidikan, administrasi publik, manufaktur, dan ekonomi, nyatanya teknologi digital telah menjadi pendorong utama inovasi dan efisiensi.

Di era informasi atau AI ini, adalah penting bagi semua pihak, termasuk masyarakat, pemerintah, dan industri, untuk terus beradaptasi dan memanfaatkan teknologi digital guna menciptakan masa depan yang lebih baik.

Referensi:
[1] Nanda, R., Gurumurthy, R., Roddick, S., Golden, D. (2021). A new language for digital transformation. From: https://www2.deloitte.com/us/en/insights/topics/digital-transformation/digital-transformation-approach.html

[2] https://sloanreview.mit.edu/article/ai-based-innovations-at-mayo-clinic/

[3] https://www.wired.com/story/babylon-health-warning-ai-unicorns/

[4] https://www.e-resident.gov.ee/

[5] https://www.digitalindia.gov.in

[6] https://www.siemens.com/global/en/company/stories/industry/electronics-digitalenterprise-futuretechnologies.html

[7] https://www.geaerospace.com/news/articles/manufacturing-technology/predix-action-how-digital-insights-are-optimizing-operations

[8] Transformasi Digital. From: https://id.wikipedia.org/wiki/Transformasi_digital

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar