Info Prodi
Rabu, 26 Jun 2024
  • 2 dari 8 Alasan Anak SMK & MAK Perlu Lanjut Kuliah di Prodi Teknik Elektro ITI: 1) Nggak perlu hebat dulu untuk bisa kuliah di sini, 2) Biaya kuliah bisa nyicil per bulan (bunga 0%).

Pentingnya Mindset (Pola Pikir) dalam Mengatasi Persoalan, Hambatan, dan Tantangan Mencapai Kesuksesan – [Pojok Inggris]

Selasa, 28 Februari 2023 Oleh : admin

Adanya persoalan atau masalah (obstacles) dalam mencapai kesuksesan merupakan kepastian. Namun dengan mindset (pola pikir) yang benar, insya Allah bisa mengatasi segala macam hambatan dan tantangan yang ada.

Nah, salah satu pola pikir atau mindset yang terpenting dalam mengatasi persoalan yang muncul dalam perjalanan menuju kesuksesan seseorang adalah pola pikir pertumbuhan. Dari banyak kajian mengenai psikologi manusia, ditemukan bahwa manusia memiliki potesi tumbuh dan berkembang, bukan hanya fisiknya, namun juga pemikiran, mental dan spiritualnya.

Dengan demikian, jika seseorang telah mengadopsi suatu pola pikir bahwa masalah akan selalu ada dalam perjalanan menuju kesuksesannya, namun sekaligus juga menjadi peluang bagi dirinya untuk tumbuh dan berkembang, maka dia seakan telah mempersiapkan dirinya untuk mampu mengatasi berbagai persoalan yang akan muncul di depan.

Artinya, jalan menuju sukses pasti mengandung banyak persoalan. Bahkan jalan yang lurus-lurus saja, tampaknya nol hambatan, justru bisa menghantarkan pada bahaya, bahkan kehancuran. Ingatlah bagaimana Nokia yang dikenal sebagai produsen HP nomor satu dunia pada tahun 90-an justru hilang tidak berbekas eksistensinya pada saat HP Android muncul dan mengalahkannya pada tahun 2000-an.

Mengapa Nokia bisa mengalami hal seperti itu? Barangkali bisa kita amati dari salah satu pernyataan Nokia yang terkenal, “Kami tidak melakukan kesalahan apa pun. Tiba-tiba saja kami kalah dan punah.” Hal ini seolah-olah menunjukkan, Nokia (mungkin) tidak pernah bermasalah sehingga tidak merasa perlu belajar dan mengasah kemampuan dirinya untuk terus tumbuh dan berkembang.

Ada sebuah kutipan (quote) dari Frank A. Clark yang mengatakan, “If you find a path with no obstacles, it probably doesn’t lead anywhere.” Artinya kurang lebih, “Jika Anda menempuh jalan yang tidak memiliki hambatan apa pun, kemungkinan besar tidak akan menghantarkan Anda ke mana pun.”

Sebagai penutup, karena tulisan ini ditujukan untuk mengasah kemampuan mendengar bahasa Inggris kalian – Pojok Inggris, yes!….maka silakan disimak video berikut yang menjelaskan keterkaitan mindset dengan kesuksesan dalam bahasa Inggris:

Sumber video:
Teknik Elektro Institut Teknologi Indonesia Channel di Youtube

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar