Info Prodi
Kamis, 25 Apr 2024
  • 2 dari 8 Alasan Anak SMK & MAK Perlu Lanjut Kuliah di Prodi Teknik Elektro ITI: 1) Nggak perlu hebat dulu untuk bisa kuliah di sini, 2) Biaya kuliah bisa nyicil per bulan (bunga 0%).

Lima (5) Cara Meningkatkan Sistem Imun Tubuh dengan Detoksifikasi [Pojok Inggris]

Selasa, 14 Maret 2023 Oleh : admin

Berikut ini tips / cara mudah untuk meningkatkan sistem imun tubuh Anda dengan detoksifikasi. Namun sebelumnya mari kita pahami lebih dulu apa yang dimaksud dengan sistem imun.

Apa Itu Sistem Imun?

Fungsi dari sistem imun adalah melindungi tubuh kita dari zat asing yang dapat membahayakannya. Substansi asing ini dikenal dengan sebutan antigen. Antigen terdiri dari bakteri, virus, parasit dan jamur.

Saat organisme (antigen) tersebut ditemukan dalam tubuh, mereka akan segera berhadapan dengan sistem imun, yang selanjutnya akan dicoba dihancurkan oleh sistem imun tersebut.

Sistem imun tubuh kita terdiri dari 2 macam, yakni sistem imun bawaan (innate immune system) dan sistem imun adaptif (adaptive immune system).

Sistem Imun Bawaan

Tujuan dari antigen adalah masuk ke dalam tubuh kita. Di sinilah kemudian sistem imun bawaan bekerja sebagai pertahanan awal dari tubuh. Sistem imun bawaan terdiri dari kulit, sel-sel sistem imun dan beberapa zat kimia dalam darah.

A. Kulit
Sebagai garis pertama pertahanan tubuh kita, kulit mencegah masuknya virus dan bakteri. Dengan menjaga kebersihan kulit berarti kita mencegah masuknya antigen yang membahayakan tubuh. Prokes mencuci tangan yang dipraktekkan orang-orang di masa pandemi Covid merupakan contoh yang bagus untuk hal ini.

B. Sel-sel Sistem Imun
Beberapa sel bersifat lebih selektif dibandingkan yang lainnya dalam merespons serangan antigen. Sehingga dikenal ada 3 kategori sel imun, yaitu fagosit (phagocytes), sel-T (T-cells) dan sel-B (B-cells).

Sel putih besar / fagosit merupakan pemakan antigen. Sel ini terdapat di dalam darah dan jaringan tisu. Radang / inflamasi di tubuh merupakan tanda bekerjanya fagosit. Dengan munculnya radang, maka alirah darah meningkat sehingga fagosit dikirim ke daerah tersebut.

Sedangkan sel-T berfungsi mengatur sel-sel imun tubuh. Mereka dapat menghilangkan atau mengaktifkan sel-sel imun. Sel-T disebut juga sebagai sel pembunuh, karena sel yang terinfeksi antigen atau sel yang tampak abnormal akan dibunuhnya.

Adapun sel-B berfungsi mengaktifkan antibodi, yakni protein yang akan menghancurkan antigen di dalam aliran darah.

Sistem Imun Adaptif

Sistem imun adaptif adalah sistem yang mampu mengingat serangan antigen sebelumnya dan dapat diprogram untuk menghancurkan antigen dengan lebih efektif.

Anda mestinya sudah sangat familiar dengan istilah vaksin. Nah, vaksin yang disuntikkan ke dalam tubuh kita, seperti vaksin anti covid di masa pandemi kemarin, akan mengaktifkan sistem imun adaptif ini. Selanjutnya antigen akan diperangi oleh sel-sel imun yang spesifik dikirim dengan ingatan atas serangan antigen sebelumnya, sehingga antigen tidak sempat mereplikasi dirinya lebih banyak lagi di dalam tubuh kita.

Dengan memahami penjelasan sistem imun di atas, maka terlihat pentingnya menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh, terutama di masa pandemi Covid yang telah berlangsung hampir 2 tahun lamanya hingga tahun 2022 kemarin.

5 Cara Meningkatkan Sistem Imun dengan Detoksifikasi

Detoksifikasi adalah proses menghilangkan racun-racun di dalam tubuh kita. Racun tersebut dapat berbentuk virus atau bakteri.

Berikut ini 5 tips cara meningkatkan sistem imun dengan detoksifikasi yang dapat Anda lakukan dengan mudah dengan menonton video di bawah iniā€¦.Yes, it’s Pojok Inggris:

Lima cara mudah meningkatkan sistem imun seperti yang dijelaskan dalam video di atas adalah:

a) Minum banyak air putih 2 – 3 liter per hari,

b) Hindari alkohol,

c) Hindari gula,

d) Hindari makanan kaleng / olahan pabrik, dan

e) Kurangi stres.

Demikianlah tulisan singkat nan padat ini. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian yang budiman.

Sumber video:
Teknik Elektro Institut Teknologi Indonesia Channel di Youtube

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar