Info Prodi
Rabu, 26 Jun 2024
  • 2 dari 8 Alasan Anak SMK & MAK Perlu Lanjut Kuliah di Prodi Teknik Elektro ITI: 1) Nggak perlu hebat dulu untuk bisa kuliah di sini, 2) Biaya kuliah bisa nyicil per bulan (bunga 0%).

Kisah Pendek Inspiratif Anjing Ashabul Kahfi: Ikut Dikenal Selama Ribuan Tahun

Minggu, 17 September 2023 Oleh : Adi Setiawan

Kita mungkin sering membaca Surat Al-Kahfi pada malam atau di hari Jumat. Namun tahukah kita bahwa ada suatu hikmah yang seringkali luput dari perhatian orang dari kisah mengenai Ashabul Kahfi.

Di dalam ayat ke-18 dari Surat Al-Kahfi, Allah SWT mengisahkan seekor anjing dan para pemuda di dalam gua (ashabul kahfi). Apa hikmah membesarkan nama anjing di situ padahal hewan ini dianggap tidak suci dan menyebabkan pemiliknya mendapat sedikit pahala?

Imam Ibnu Katsir rahimahullahu mengatakan di dalam tafsirnya, “Ibnu Juraij berkata, ‘Dia (anjing itu) menjaga pintu mereka’.

Kebiasaan seekor anjing yang berbaring di depan pintu seolah-olah menjaga mereka yang ada di dalam. Anjing yang menjaga para ashabul kahfi duduk di luar pintu gua.

Berkah dari Allah SWT yang diterima para pemuda gua itu juga diterima anjing mereka. Tidur panjang yang dialami mereka dialami oleh si anjing juga. Akibatnya, anjing ini menjadi ikut dikenal dan terangkat derajatnya.

Itulah manfaat menyertai dan menjaga orang-orang beriman dan orang-orang salih. Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa saja yang mengunjungi orang alim, seolah-olah ia mengunjungiku. Siapa saja yang menjabat tangan orang alim, seolah-olah ia menjabat tanganku. Siapa saja yang duduk bersama orang alim, seolah-olah ia duduk bersamaku di dunia. Siapa saja yang duduk bersamaku di dunia, maka aku akan mendudukkannya di hari kiamat bersamaku.” (Imam Jalaluddin As-Suyuthi di dalam Kitab Lubabul Hadits)

Masya Allah…Semoga Allah memudahkan kita untuk selalu bersama para alim ulama, memuliakan mereka dan menjaga mereka, sehingga baginda Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wa sallam pun berkenan mendudukkan kita bersama beliau di dalam jannah-Nya…Aamiin

Sumber:
Golden Stories Dari Orang Hebat Hingga Orang Biasa oleh Abdullah bin Abdurrahman. Penerbit: PT Aqwam Media Profetika, Solo, Cetakan I Juli 2020.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar