arunachalam_the_padman_kegigihan_dan_kesabaran
03 Mar 2021

Belajar Kegigihan dan Kesabaran dari Arunachalam The Padman

Beritahu teman

>>>
Siapa yang kenal Arunachalam Muruganantham? Mungkin hanya segelintir orang yang tahu namanya. Padahal kisah hidupnya yang inspiratif penuh kegigihan dan kesabaran telah diangkat ke layar lebar dengan judul Padman dan menjadi salah satu film terlaris di India.

Dia hidup di suatu desa di pelosok India, bekerja sebagai seorang tukang bubut berbakat. Takdir mengharuskannya terusir dari desanya, dipaksa berpisah dari istrinya namun pada akhirnya berhasil membantu ribuan wanita di pelosok India memperbaiki kesehatannya sekaligus penghidupannya.

Apa yang telah dilakukannya sehingga majalah Times sampai memasukkannya sebagai Salah Satu Orang Berpengaruh dari 100 Tokoh pada Tahun 2014?

Dia menemukan mesin pembuat pembalut wanita yang murah dengan biaya pembuatan mesin yang hanya 1000 dolar saja. Padahal mesin yang lebih canggih namun produksi Amerika Serikat bisa mencapai 40.000-an dolar.

Tidak hanya itu. Dia menolak mempatenkan mesin temuannya demi membantu wanita-wanita desa memperoleh pembalut yang murah seharga 2 Rupee saja. Sementara produk pembalut yang beredar di pasaran harganya bisa mencapai 55 Rupee.

Meskipun demikian, awalnya sangat sulit baginya membuat pembalut yang sesuai standar teknis maupun higienis. Belum lagi saat itu dia belum memiliki ide mengenai mesin pembuatnya sehingga dibuat menggunakan tangan saja secara coba-coba.

Namun karena kegigihan dan kesabarannya mencari tahu – meski dia bukan orang sekolahan – dengan cara menjadi pembantu rumah tangga seorang profesor, belajar menggali informasi dari internet, ditambah dengan kecerdasannya memahami cara kerja mesin maka akhirnya dia berhasil mewujudkan impiannya.

Penasaran mengetahui kisah hidupnya? Silakan tonton review film Padman berikut ini:

 

 

Sumber video:
Romie Channel di Youtube

Tinggalkan Balasan