elearning revolusi industri 4
22 Jan 2019

Apa Itu Revolusi Industri 4.0?

Beritahu teman

>>>
Sudah sering dengar Revolusi Industri 4.0, tetapi belum tahu makhluk apa itu? Revolusi Industri 4.0 adalah transformasi menyeluruh dari keseluruhan aspek produksi di industri lewat peleburan teknologi digital & internet dengan industri konvensional. Ini adalah definisi Revolusi Industri 4.0 menurut Angela Merkel, mantan Kanselir Jerman.

Dunia telah mengenal Revolusi Industri 1.0 hingga 4.0. Revolusi Industri 1.0 diawali sekitar tahun 1776 yakni ditandai oleh diketemukannya mesin uap oleh James Watt. Dengan adanya mesin uap, maka tenaga manusia selanjutnya mulai tergantikan oleh tenaga mesin di pabrik-pabrik.

Adapun Revolusi Industri 2.0 ditandai bersamaan dengan ditemukannya listrik oleh Thomas Alfa Edison. Kehadiran listrik selanjutnya mampu mengubah banyak hal, bukan hanya proses industri di pabrik namun juga masuk hingga wilayah domestik rumah tangga.

Sedangkan Revolusi Industri 3.0 ditandai dengan ditemukannya komputer dan digunakannya robot. Pada perang dunia II komputer mulai pegang peran, antara lain mesin komputer Colossus yang mampu memecahkan kode buatan Nazi Jerman. Namun ia belum punya RAM maka ia belum bisa diprogram untuk mengambil perintah dari manusia. Dengan diketemukannya transistor dan semakin berkembangnya semikonduktor maka komputer pun semakin canggih.

Dan pada akhirnya Revolusi Industri 4.0 lahir dengan ditandai bergabungnya teknologi siber / internet & teknologi otomatisasi / otomasi di pabrik-pabrik manufaktur. Hasilnya adalah teknologi Internet of Things (IoT) yang telah merepresentasikan wajah dunia Revolusi Industri 4.0 saat ini.

Untuk lebih jelasnya, simak aja penjelasan mengenai Revolusi Industri 4.0 dari Makara Internet TV UI channel dalam video berikut ini. Total ada 7 video.

 

1. Definisi Ciri dan Perjalanannya

 

https://youtu.be/bpH4eezD1Vg

 

2. Perubahan yang Terjadi

 

 

3. Industri yang Paling Terpengaruh

 

 


4. Dampak Baik dan Buruk yang Muncul

 

 

5. Mempengaruhi Pekerja & SDM Indonesia?

 

 

6. Inovasi Disruptif, Gejolak dalam Revolusi

 

 

7. Sudah Siap Menghadapi Revolusi Ini?

 

 

Sumber:
[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Revolusi_Industri_4.0
[2] Channel MITV UI – Makara Internet TV Universitas Indonesia di Youtube

Tinggalkan Balasan